Kenali Penyakit Jantung Bawaan, Membuat Pertumbuhan Anak Jadi Lambat

BERITA LIVE Penyakit jantung bawaaan atau PJB pada anak memang bisa sangat mengkhawatirkan. Apalagi bagi kamu yang baru saja menjadi orangtua baru. Tentu saja jika tahu anak mengalami penyakit jantung bawaan, sebagai orangtua pasti akan sedih dan khawatir.

Seorang anak bisa terkena penyakit jantung bawaan bukan hanya karena faktor keturunan saja. Ada berbagai faktor penyebab seorang anak miliki penyakit jantung bawaan. Selain itu tanda ataupun gejala yang muncul akibat penyakit jantung bawaan ini pun berbeda-beda. Namun, penyakit jantung bawaan ini tentu saja bisa membahayakan nyawa.

Meskipun penyakit jantung bawaan ini cukup berbahaya, akan tetapi kamu masih bisa melakukan pengobatan. Pengobatan yang dilakukan memang tidak bisa menyembuhkan secara total penyakit jantung bawaan ini. Akan tetapi bisa mengurangi gejala ataupun mengurangi terjadinya komplikasi dari penyakit jantung bawaan.

Seorang anak bisa terkena penyakit jantung bawaan ini karena adanya kelainan struktur pada jantung sejak masih dalam kandungan. Tentu saja pada anak-anak yang terkena penyakit ini cukup bisa mengganggu tumbuh kembang si anak. Kemampuan jantung untuk memompa darah dan juga menyalurkan oksigen pun terganggu akibat dari penyakit jantung bawaan.

Agar kamu bisa lebih waspada dan mengenal lebih jauh mengenai penyakit jantung bawaan, Liputan6.com pun telah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (19/3/2019).

Penyakit jantung bawaan atau bisa disebut dengan Congenital Heart Disease ini merupakan sebuah kelainan pada struktur jantung yang telah dialami sejak bayi berada pada kandungan. Akan tetapi penyakit jantung bawaan ini baru bisa benar-benar diketahui saat bayi baru lahir.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit jantung bawaan ini tergantung pada kelainan yang muncul. Bahkan pada beberapa kasus, ada pula yang tidak terlihat gejala penyakit jantung bawaan. Namun tentu saja terkena penyakit jantung bawaan ini bisa mengancam jiwamu ataupun si kecil.

Penyakit jantung bawaan ini bisa terjadi karena gangguan pada saat proses pembentukan dan juga perkembangan jantung pada saat janin masih ada di dalam kandungan. Jika pada jantung normal, struktur jantung terdiri dari 2 serambi jantung atau atrium dan 2 bilik jantung atau ventrikel.

Fungsinya tentu saja untuk menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh dan juga mengalirkan oksigen yang ada pada darah keseluruh tubuh. Namun pada seseorang yang menderita penyakit jantung bawaan, tentu saja fungsi dari atrium ataupun ventrikel ini memiliki gangguan. {rt}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *