Kenapa Susah Hamil? Mungkin Penyebabnya karena 5 Hal Ini

BERITA LIVE – Sudah mengusahakan untuk bisa cepat punya momongan setelah menikah tapi tak kunjung berhasil? Situasi ini mungkin membuat kita merasa tertekan sendiri. Apalagi kalau sudah banyak yang bertanya, “Sudah isi belum?” atau, “Kapan nih punya momongan?” rasanya tekanan untuk bisa cepat hamil makin berat.

Penyebab seorang perempuan susah hamil bisa dikarenakan banyak hal. Dilansir dari todaysparent.com, ada lima penyebab umum yang membuat kita susah hamil. Selengkapnya, langsung kita simak infonya berikut ini.

1. Stres

Menurut dokter naturopati, Via Bitidis (co-director di Toronto Naturopathic Clinic), keseimbangan dan ketenangan adalah hal penting yang harus dimiliki bila ingin segera hamil. Bagi yang sehari-hari disibukkan dengan pekerjaan, bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan meditasi atau relaksasi tubuh. Selain itu, usahakan tidak menjadikan hamil sebagai sebuah beban atau tuntutan. Karena kalau kita semakin tertekan, malah bakal makin sulit untuk segera dapat momongan.

2. Kurang tidur

Perempuan yang kurang tidur bisa merasa gelisah dan stres. Kondisi ini pun bisa memengaruhi siklus haidnya dan usaha untuk bisa cepat dapat momongan. Sistem imun tubuh juga bisa ikut menurun yang membut kita rentan terkena infeksi yang memengaruhi sistem reproduksi kita.

3. Masalah berat badan

Berat badan di bawah normal atau kelebihan berat badan juga bisa membuat seorang perempuan susah hamil. Dengan kata lain, tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk juga bisa penghambat seorang perempuan untuk cepat hamil. Tubuh yang kekurangan gizi akan kesulitan berovulasi. Sedangkan, tubuh yang kelebihan berat badan bisa menurunkan risiko cepat hamil sekalipun siklus haidnya teratur. Menjaga pola makan sehat dan olahraga rutin bisa jadi cara untuk mengatasi persoalan ini.

4. Tidak berhubungan intim saat masa subur

Penting bagi kita untuk memonitor dan selalu mencatat siklus haid setiap bulan. Dengan begini, kita bisa tahu kapan masa subur kita. Berhubungan intim saat masa subur bisa meningkatkan peluang untuk cepat hamil.

5. Kebiasaan merokok

Dilansir dari health.com, menurut American Society of Reproductive Medicine, kebiasaan merokok menyumbang 13% kasus infertilitas. Pada perempuan, merokok bisa mengganggu kondisi ovarium. Sementara pada pria, merokok bisa menyebabkan penurunan jumlah sperma.

{yl}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *