Kodam Siliwangi Sudah Menanam 6000 Berbagai Jenis Pohon di Dalam Kawasan Sungai Citarum

BERITA LIVE – Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo memberikan perhatian serius terhadap revitalisasi kawasan Sungai Citarum. Bersama para prajurit Kodam Siliwangi, Doni Monardo menyatakan pihaknya telah menyiapkan 40.000 bibit pohon Tarum.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 6000 pohon akan ditanam di kawasan hulu Sungai Citarum, Situ Cisanti, Bandung sebagai upaya revitalisasi sungai terpanjajng di Jawa Barat itu.

“Kalau hari ini kita bisa membangun sistem yang benar, merawat Citarum tidak akan sulit. Pohon ini sudah disiapkan 40.000 bibit,” ujar Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, saat menggelar silaturahmi bersama masyarakat sekitar daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Desa Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (3/12).

Kegiatan silaturahim tersebut dihadiri oleh Bupati Bandung Dadang Naser, perwakilan Polda Jabar, perwakilan BBWS, tokoh agama, aktivis lingkungan, serta aparat desa setempat.

Doni Monardo sebagaimana dilansir Antara mengatakan, penanaman ini akan dilakukan melalui beberapa tahap. Untuk tahap pertama, TNI akan menyelesaikan penanaman 6.000 pohon di hulu Sungai Citarum dan akan dilanjutkan di DAS lain di tahap berikutnya.

Penanaman ini tidak hanya akan dilakukan oleh pihak tentara semata, namun justru melibatkan warga setempat sebagai upaya meningkatkan peran aktif seluruh elemen masyarakat.

“Setelah ini kepala desa bisa mendaftar ke Kasdam untuk meminta bibit untuk ditanam di sekitar daerah aliran sungai Citarum,” katanya.

Pohon Tarum merupakan tanaman endemik Jawa Barat, yang namanya tidak bisa dipisahkan dari sejarah Sunda. Penamaan beberapa tempat diambil dari pohon tersebut, seperti Citarum, kerajaan Sunda kuno Tarumanegara, dan Pataruman yang merupakan salah satu nama kota di Banjar.

Menurut Pangdam, pohon Tarum ini memiliki beberapa kelebihan seperti mampu mengikat polutan di bawah tanah dan penahan erosi. Selain itu, dapat juga dijadikan pakan untuk sapi maupun domba.

“Ini sumber kehidupan, pohon ini memberikan kontribusi ke petani, peternak. Karena salah satu pakan ternak unggulan. Tidak ada alasan kita tidak bisa menyiapkan sesuatu untuk negara kita,” pungkas Mayjen TNI Doni Monardo.(cc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *