Kondisi Kesehatan Dapat Digambarkan Lewat Kakimu, Yuk Cek

Berita Live – Anggota tubuh manusia bisa menjadi penanda untuk mengetahui jenis penyakit apa saja yang kita derita. Kaki misalnya, anggota tubuh yang berfungsi untuk menopang dan menjaga keseimbangan badan ini dapat mengungkapkan kondisi kesehatan manusia yang sering kita abaikan.

Caranya mudah, hanya dengan melihat 20 detik kondisi kaki, kita dapat mendiagnosa berbagai jenis penyakit yang ada di dalam tubuh. Mulai sekarang coba cermati kondisi kaki seperti yang dilansir situs boldsky.com.

1. Kaki bengkak, nyeri, dan kemerahan

Jika memiliki kondisi kaki seperti ini, ada kemungkinan terjadi akumulasi kristal asam urat di dalam jari kaki yang dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kemerahan. Hal ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

2. Perubahan bentuk jari kaki

Jika ada perubahan dalam bentuk jari dan kuku kaki, itu artinya harus melakukan pemeriksaan jantung dan paru-paru. Hal ini terjadi karena pasokan oksigen ke dalam darah berkurang. Jika sudah seperti ini, bisa mengalami kesulitan bernapas dan perubahan denyut jantung.

3. Penyembuhan luka pada kaki lambat

Kondisi ini biasanya dialami mereka yang menderita diabetes. Pemulihan yang lambat ini disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh seperti kaki yang berujung pada kerusakan dan kematian sel. Jika penyembuhan pada kaki lambat, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk cek diabetes.

4. Kehilangan rambut kaki

Jika tiba-tiba rambut pada kaki hilang, itu menandakan adanya penurunan sirkulasi darah, sehingga rambut kaki mengalami kerontokan. Hal ini disebabkan karena penyakit pembuluh darah, yang terjadi akibat kadar kolesterol tinggi sehingga timbul penyempitan pembuluh darah.

5. Kram kaki

Nyeri dan kram di kaki merupakan tanda kekurangan gizi, masalah saraf, atau tanda dehidrasi. Sebagai bentuk antisipasi, dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, magnesium, dan kalium.

6. Kaki dingin

Dalam kasus ini menandakan bahwa memiliki kelenjar tiroid yang kurang aktif. Kondisi ini akan menyebabkan kaki menjadi dingin disertai rambut rontok, kulit kering, dan vertigo. Maka, hal yang harus dilakukan adalah melakukan tes fungsi tiroid untuk memastikan kondisi kesehatan.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *