Kondisi Pangkalan Angkata Laut Palu Telah Rusak Parah Berakhir Tsunami

BERITA LIVE – Gempa dan juga tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah menyebabkan sejumlah fasilitas yang telah mengalami kerusakan. Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu pun sudah rusak parah usai diterjang tsunami.

 

“Bencana alam gempa dan tsunami yang sudah menghantam Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah pada hari Jumat yang lalu (29/09) berdampak pula kerusakan infrastruktur yang ada di wilayah tersebut. Terkait dengan bencana itu, kondisi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu yang tepatnya berada di Watusampu, Palu, Sulawesi Tengah, saat ini pasca gempa dan tsunami juga mengalami kerusakan,” demikian keterangan yang telah disampaikan dari Dispenal, Pada Hari Minggu (30/9/2018).

 

“Bencana tersebut juga mengakibatkan robohnya pagar dermaga dan pagar depan Mako Lanal. Sedangkan Shelter Kapal Selam akibat gempa dan tsunami juga sudah mengalami kerusakan dimana terjadi abrasi sepanjang 15 meter,” sambungnya.

Tsunami juga menyebabkan sejumlah kapal terseret ke jalan raya. Saat ini petugas telah berhasil menarik kembali kapal yang terdampak tsunami tersebut.

“Akan tetapi dampak dari tsunami yang menerjang telah mengakibatkan Kapal Angkatan Laut (Kal) Andau terseret arus tsunami dan saat ini kandas berada di jalan raya di depan Mako Lanal Palu. Selain itu, Kal Pulau Pasoso juga kandas di dermaga dengan kondisi rusak, serta Kal Pulau Katio dimana sempat terseret arus, tetapi saat ini sudah berhasil ditarik ke pantai Watusampu,” tulisnya.

Sementara itu, seluruh personel Lanal Palu dilaporkan berada dalam kondisi selamat. Mereka saat ini mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Penting untuk diketahui bahwa seluruh Personel Lanal Palu beserta keluarga selamat dan saat ini mengungsi di lapangan Eka STQ Palu. Kondisi bangunan Mako Lanal Palu serta gedung Sionban Kapal Selam masih berdiri dan tidak mengalami kerusakan yang signifikan,” imbuhnya.   {le}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *