Konsumsi Garam Berlebihan Dapat Bahayakan Tubuh Anda

BERITA LIVE – Bahan yang satu ini sangatlah penting dan banyak digunakan untuk berbagai jenis makanan, agar memiliki cita rasa maksimal. Apalagi orang Indonesia, sepertinya hambar jika tidak menaruh garam dalam makanan keseharian mereka.

Jika Anda terbiasa dengan makanan kaleng dan olahan instan lainnya, pasti berisiko lebih besar karena telah mengonsumsi garam yang terlalu tinggi. Saat ini sebaiknya harus lebih mengurangi porsi garam dalam masakan Anda.

Karena asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan hipernatremia dan menjadi masalah kesehatan yang serius. Ada gejala-gejala yang harus Anda ketahui jika kandungan garam sudah berlebih di dalam tubuh.

1. Sulit untuk berfikir jernih

Jika otak terasa berkabut, sering munculnya kebingungan, sulit untuk berkonsentrasi pada tugas sehari-hari, dan waktu reaksi sangat lambat, periksakan kadar natrium Anda dengan dokter. Garam yang berlebihan tidak hanya mempengaruhi otak Anda tetapi juga membuat kondisi tubuh mengalami lemah dalam jangka panjang.

2. Sering merasa haus

Sodium yang ditemukan dalam garam membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh kamu. Ketika makan terlalu banyak garam, tubuh akan membutuhkan lebih banyak cairan untuk membantu membersihkan sistem sehingga otot dan organ lain dapat berfungsi dengan baik.

3. Tubuh membengkak

Adanya pembengkakan ditubuh seperti bagian, pergelangan kaki, dan mata. Kondisi ketika tubuh Anda mulai mengandung air akibat asupan garam yang tinggi disebut edema dan harus diobati dengan diet yang teratur.

4. Batu ginjal

Menurut World Action on Salt and Health (WASH), “Terlalu banyak garam dapat meningkatkan jumlah protein yang ditemukan dalam urin Anda”. Mengkonsumsi banyak garam membuat ginjal kamu bekerja lembur untuk mengeluarkannya dari tubuh. Ini dapat menyebabkan penyakit ginjal yang biasanya membuat buang air kecil lebih sering dengan kencing yang tampak transparan atau benar-benar bening.

5. Luka lambung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Infection and Immunity, sakit maag hingga kanker pada hewan dan manusia ditemukan menjadi lebih umum ketika mengonsumsi garam lebih banyak.

6. Kram otot

Sodium potassium balance bertanggung jawab untuk kontraksi otot yang adekuat. Kekurangan kalsium kronis dapat menyebabkan tulang yang lemah, masalah dengan gigi, dan dapat menyebabkan perkembangan osteoporosisi.

7. Sering sakit kepala

Sakit kepala ringan persisten merupakan indikasi bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi, alasan yang tepat karena terlalu banyak mengandung garam. Kadang-kadang pembuluh darah yang diperluas karena tingkat tekanan darah tinggi juga memicu sakit kepala.

8. Merasa kembung

Retensi air adalah indikasi karena konsumsi garam yang terlalu tinggi. Edema merupakan istilah medis untuk akumulasi cairan ekstra di jaringan tubuh, maka cairan ekstra ini tidak hanya akan membuat Anda merasa kembung. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *