Konsumsi Susu Murni Pada Anak – Anak Bisa Cegah Munculnya Obesitas

Berita Live – Banyak cara yang ditempuh sejumlah orang untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan menurunkan konsumsi makanan tertentu yang kerap dituding menjadi penyebab kamu gemuk.

Kalori termasuk salah satu hal yang cukup sering dikurangi untuk bisa menurunkan berat badan ini. Salah satu minuman yang biasa dikurangi konsumsinya untuk bisa menurunkan berat badan ini adalah susu.

Namun rupanya penelitian terbaru membuktikan bahwa hal ini salah. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi susu malah bisa mencegah kegendutan atau obesitas.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada The American Journal of Clinical Nutrition. Pada penelitian ini, terdapat data dari 28 penelitian berbeda yang dianalisis untuk mencari hubungan antara jenis susu tertentu dengan bertambahnya berat badan serta risiko obesitas. Data menunjukkan bahwa untuk membantu anak tetap kurus, susu murni bisa membantu upaya tersebut.

Sebelumnya, banyak dokter yang menyarankan anak untuk mengganti konsumsi susu murni menjadi susu rendah lemak terutama untuk mengendalikan berat badan. Walau begitu, peneliti membuktikan bahwa hal tersebut sesungguhnya tidak benar.

“Mayoritas anak di Kanada dan Amerika Serikat mengonsumsi susu sapi setiap hari dan hal ini merupakan kontributor utama dari lemak diet untuk banyak anak,” terang Dr. Jonathon Maguire, peneliti dari temuan ini.

“Pada hasil temuan kami, anak-anak yang mengikuti rekomendasi untuk mengganti menjadi susu rendah lemak pada usia dua tidak lebih kurus dibanding mereka yang mengonsumsi susu murni,” sambungnya.

Data yang didapat peneliti tak hanya berlawanan dengan upaya penggantian jadi susu rendah lemak. Bukti menunjukkan bahwa tetap mengonsumsi susu murni ternyata bermanfaat.

Berdasar 18 dari 28 penelitian yang dipelajari, anak-anak yang mengonsumsi susu murni cenderung tidak kelebihan berat badan dibanding anak lain yang mengonsumsi susu rendah lemak. Faktanya, anak yang mengonsumsi susu murni memiliki peluang 40 persen lebih rendah mengalami obesitas dibanding mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak.

Peneliti menduga hal ini terjadi karena susu murni membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama. Hal ini mencegah mereka makan berlebihan sehingga terhindar dari obesitas. (cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *