Korea Selatan Mengirim Utusan Ke Korea Utara Untuk Diskusi Program Nuklir

BERITALIVE – Presiden Negara Korea Selatan Moon Jae-In menyatakan berencana untuk mengirimkan utusannya khusus untuk berkunjung ke Korea Utara (Korut) untuk merundingkan permasalahan antara Amerika Serikat dan Korea Utara agar program nuklir yang sekarang masih ada di bawah kepemimpinan Kim Jong-Un untuk segera diakhiri. Rencana pengiriman utusan Korsel ke Korut ini sudah didiskusikan oleh Moon kepada Presiden dari Amerika Serikat Donald Trump melalui pembicaraan via telepon selama setengah jam kemarin.

“Sang dua kepala negara telah menyepakati untuk melanjutkan momentum dialog antara Korea Selatan dan Korea Utara dengan harapan akan dapat mengarah pada pembicaraan denuklirisasi semenanjung Korea,” menurut Kantor Kepresidenan Korea Selatan, dikutip dari halaman The Guardian Post, Jumat (2/3).

“Presiden Moon Jae-In mengatakan kepada Presiden Donald Trump bahwa ia akan segera mengirim utusan khusus ke Korea Utara dan mendapatkan konfirmasi diskusi yang diadakan dengan delegasi tingkat tinggi Korea Utara,” lanjutnya.

Secara personal, Presiden Moon ingin membalas kunjungan resmi Korea Utara pada pertandingan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang dimana adik kandung perempuan Kim Jong-Un menjadi salah satu anggota delegasi tingkat tinggi yang datang. Ia sangat berharap jika kunjungan utusan khusus itu dapat menjadi jalan pembuka untuk kunjungan Moon sendiri di masa yang akan datang.

Presiden Moon memang sudah mencoba untuk memberikan pendekatan secara dramatis dengan pihak Korea Utara selama olimpiade musim dingin Pyeongchang berlangsung. Harapan Moon yang paling besar adalah agar diskusi yang lebih mendalam mengenai program nuklir dan rudal Korea Utara tersebut dapat dijalankan. Meskipun demikian, masih belum jelas apakah Kim Jong-Un bersedia untuk membahas tentang denuklirisasi dengan Korea Selatan karena seperti yang sudah diketahui banyak orang di dunia, orang nomor satu di Korea Utara itu selalu menganggap bahwa program nuklir dan rudalnya adalah suatu hal yang mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. [ts]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *