Kuching, Kota yang Dihuni Banyak Kucing, Pernah ke Sini?

BERITA LIVE-

Apakah kalian pernah mendengar kota kuching? Ya, betul! Kuching merupakan sebuah kota yang berada di negara bagian Serawak, Malaysia.

Kuching terletak di ujung barat daya Pulau Kalimantan.

Konon, Kuching memiliki sejarah yang berkaitan dengan kucing, bahkan kota ini dihuni oleh sejumlah kucing. Apa saja keunikan kota Kuching? Yuk, ketahui !

Awal Mula

Hasil gambar untuk Kuching, Kota yang Dihuni Banyak Kucing, Pernah ke Sini?

Ada banyak teori penamaan kota Kuching. Nama Kuching kemungkinan berasal dari bahasa Tiongkok, yaitu Coachin, yang berarti pelabuhan.

Bahkan sebagian penduduk meyakini bahwa raja Sarawak pertama, James Brooke, ialah orang yang pertama kali memberikan nama kota Kuching.

Saat Brooke pertama kali tiba di kota ini pada sekitar tahun 1893, Brooke menunjuk pada permukiman dan menanyakan apa namanya kepada pemandu lokal.

Lalu, si pemandu mengira Brooke menunjuk ke arah seekor kucing yang lewat dan Brooke mengatakan namanya, Kucing.

Penduduk Kota Kuching sangat beragam, namun kucing menjadi hewan penting bagi setiap kelompok masyarakat.

Banyak Kucing

Gambar terkait

Kota Kuching dihuni oleh banyak kucing seperti, di taman, atau trotoar. Motif dan hiasan kucing juga banyak ditemukan di sekeliling kota.

Penduduk setempat banyak yang menyukai kucing diantaranya karena dapat membantu mengendalikan tikus.

Pada tahun 1950-an, pemerintah Inggris melalui Angkatan Udaranya pernah melakukan “Operasi Menurunkan Kucing”, yaitu sebuah kegiatan menurunkan 14.000 kucing ke daerah pedesaan Malaysia.

Tidak heran kini terdapat berbagai bentuk patung kucing dibuat di kota ini sebagai simbol budaya dan sejarah penduduk setempat.

Seperti patung kucing setinggi 2,5 meter yang berada di perbatasan Kuching Utara. Selain itu, patung keluarga kucing yang berada di balai kota Utara.

Maka tidak salah, Kota Khucing dihuni banyak kucing.

Museum Kucing

Hasil gambar untuk Kuching, Kota yang Dihuni Banyak Kucing, Pernah ke Sini?

Selain patung, di Kuching juga terdapat museum kucing, yakni Cat Museum. Di museum ini setidaknya terdapat lebih dari 4.000 artefak yang berkaitan dengan mamalia karnivora ini.

Kita juga bisa menemukan berbagai bentuk artefak kucing di museum ini, seperti kucing Mesir kuno, kucing Borneo hingga lukisan tentang kucing.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *