Kuliner Nasi dari Jepang yang Namanya Kurang Terkenal, Padahal Enak!

BERITA LIVE – Onigiri, kamameshi, sekihan, kare raisu, dan ochazuke, adalah deretan kuliner nasi asal Jepang yang namanya cukup akrab di telinga. Bahkan, banyak turis asing pun mengetahui keberadaan dari kuliner-kuliner nasi yang telah disebutkan tadi. Ada yang terkenal, ada pula kuliner nasi khas Jepang yang namanya tidak begitu terkenal seperti berikut ini. Apakah kamu pernah mencicipinya? AyukTraveling

Chirashizushi

Chirashizushi (Scattered Sushi) With Walnuts - California Walnuts

Siapa sangka, kuliner yang terlihat lebih mirip dengan nasi campur ini ternyata adalah sushi! Chirashizushi merupakan scattered sushi atau sushi tersebar yang mempunyai beragam topping. Sashimi dari ikan tuna atau salmon, menjadi topping wajib chirashizushi. Menariknya, chirashizushi mempuyai dua cara penyajian lho! Penyajian dengan gaya klasik Tokyo, hanya menempatkan sepotong ikan mentah saja di atas nasi. Sedangakan gaya Kansai, menggabungkan bermacam ikan mentah serta bahan baku lainnya.

Takoraisu

Takoraisu | Traditional Beef Dish From Okinawa Prefecture, Japan

Dahulu, takoraisu merupakan makanan yang diperuntukkan bagi tentara Amerika. Kuliner nasi ini dilengkapi oleh daging sapi cincang yang dimasak dengan bumbu taco. Supaya segar serta meningkatkan nafsu makan, takoraisu biasanya dilengkapi pula oleh daun selada, tomat, dan keju. Setelah.https://ayuktraveling.blogspot.com/2021/01/kota-paling-instagramable-di-dunia-2021.html semua racikan bahan pembuatan terkumpul menjadi satu piring, bagian atas takoraiso dibubuhi oleh salsa dan sour cream.

Oshizushi

Oshizushi | Traditional Rice Dish From Kansai Region, Japan

Oshizushi terkenal dengan sebutan sebagai sushi tekan, yang dibentuk menggunakan oshibako. Berbeda dari umumnya sushi yang berbentuk bulat memanjang, sushi ini memiliki bentuk persegi panjang. Ikan makarel hingga belut, menjadi penyempurna kenikmatan dari oshizushi. Masyarakat Jepang sangat nyaman dengan sushi ini, karena dinilai praktis dan memudahkan untuk dibawa.

Hayashi rice

Hayashi Rice Stew Recipe - Japan Centre

Unik, kata hayashi pada kuliner ini diambil dari nama seorang koki yang mengenalkan pertama kali hayashi rice di Jepang. Sekilas mirip dengan curry raisu, hayashi rice merupakan nasi yang dilengkapi dengan irisan daging sapi yang dimasak menggunakan demi glace sauce serta bermacam saus lainnya. Tak cuma daging, hayashi rice dilengkapi pula dengan bermacam jenis jamur seperti enoki, jamur kancing, jamur shimeji, dan jamur imini.

Shirasu don

Shirasu-don (rice topped with small sardines) - KANAGAWA | IS JAPAN COOL?

Shirasudon merupakan kuliner nasi yang mempunyai topping menarik. Kali ini bukan salmon atau tuna, melainkan ikan teri segar. Dibumbui dengan bumbu Jepang dan kecap, shirasudon punya pelengkap lain seperti rumput laut serta irisan daun bawang. Kamu pun dapat menambahkan topping lainnya seperti udang segar, ikan herring, atau ikan tombak pasir.

Maka itulah beberapa kuliner nasi dari Jepang yang namnya kurang terkenal. Ternyata, masih banyak juga kuliner dri nasi yang jarang diketahui. Dari kuliner yang telah di sebutkan di atas, apakah ada yang pernah kamu coba sebelumnya?

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *