Langkah Perawatan Pedicure yang Bisa Kamu Coba di Rumah

BERITA LIVE – Nggak memungkiri, kuku jari kaki merupakan bagian tubuh yang paling jarang mendapatkan perhatian, atau perawatan. Tentunya, kamu memotong kuku, menjaganya tetap bersih dan bebas dari aroma nggak sedap setiap minggu atau setiap bulannya. Namun ketika rasa malas melanda, kuku kakimu bukan sesuatu yang kamu banggakan dari dirimu.

Ketika sedang malas, kamu bisa menjalani perawatan manicure dan pedicure di salon. Namun terkadang, kamu merasa nggak percaya diri memberikan kuku kakimu yang kurang bagus pada petugas salon (walau sebenarnya, ia akan mengerjakannya dan membuat kukumu jadi lebih cantik!), atau kamu ingin berhemat sehingga ingin mencoba pedicure sendiri di rumah. Jika itu alasannya, ini langkah pedicure di rumah yang dapat kamu coba lakukan.

Persiapkan Kukumu

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Persiapkan Kukumu

Melansir dari Cosmopolitan, persiapkan kukumu sebelum melakukan pedicure sendiri di rumah. Jika ada kuteks yang melapisi kuku, bersihkan terlebih dahulu menggunakan nail polish remover. Basahi kapas dengan nail polish remover, kemudian tekan dengan lembut dan tahan selama beberapa detik pada masing-masing kuku agar kutek dapat terangkat dengan sempurna. Lalu, lap kuku sampai bersih.

Jika melihat ada noda aneh setelah membersihkan kuteks, coba gosokkan cuticle oil pada seluruh permukaan kuku untuk menguranginya. Noda ini biasanya muncul setelah membersihkan warna kutek yang gelap.

Rendam Kakimu

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Rendam Kakimu

Selanjutnya, rendam kakimu dengan air hangat garam mandi. Untuk melakukan langkah ini, siapkan wadah yang cukup besar, yang muat untuk kedua kakimu sekaligus. Kamu dapat menggunakan baskom, ember, atau bath tube jika ada. Isi wadah tersebut dengan air hangat dan tambahkan garam mandi secukupnya. Alternatif lainnya, kamu dapat menggunakan kosher salt. Rendam selama beberapa menit sebelum masuk ke langkah selanjutnya.

Jika ingin merasakan suasana seperti di salon dan spa, kamu bisa membuat suasana rumah seperti di tempat tersebut, kok! Nyalakan lilin aromaterapi dan sediakan minuman favoritmu di dekatmu. Dengan begini, kamu serasa menjalani perawatan pedicure layaknya di salon!

Potong dan Kikir Kukumu

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Potong dan Kikir Kukumu

Setelah merendam kaki selama beberapa menit, angkat salah satu kakimu dan keringkan. Kemudian, potong kuku perlahan dan kikir untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Untuk langkah ini, kamu memerlukan gunting kuku serta nail buffer. Jika sudah selesai dengan salah satu kaki, lanjutkan dengan kaki lainnya.

Jika bagian tumit kaki terasa kasar, kamu bisa melanjutkan langkah perawatan dengan menggosokkan batu apung pada bagian telapak kaki yang kasar. Batu apung membantu menghalukan kulit kakimu yang terasa kasar.

Pijat Kaki Dengan Lotion

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Pijat Kaki Dengan Lotion

Setelah selesai memotong kuku dan menghaluskan tumit kaki, bersihkan kembali kakimu dan keringkan. Lanjutkan dengan memijat kakimu menggunakan lotion atau foot cream. Mulai dari jemari kaki, telapak dan punggung kaki, mata kaki, sampai area yang kamu inginkan. Pijat sampai kamu merasa cukup.

Saat memijat kakimu, perhatikan kutikula masng-masing kuku kaki. Kutikula melindungi kukumu dari bakteri dan jika terjadi sesuatu keanehan pada bagian tubuh tersebut, sebaiknya tangani oleh ahlinya. Pada langkah keempat ini, selesaikan dengan membersihkan lotion atau krim pada permukaan kuku untuk menghilangkan sisa minyak yang dapat menghalangi kutek untuk menempel—jika ingin menggunakan kutek setelahnya. Bersihkan dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan

Mempercantik Dengan Menggunakan Kuteks

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

ika ingin membiarkan kuku tampil apa adanya setelah memijatnya, kamu bisa melewati langkah kelimat ini. Namun jika ingin membuat kuku tampil semakin cantik, kamu mungkin perlu melanjutkan pedicure di rumah sampai langkah kelima ini. Ambil kuteks dengan warna yang kamu inginkan untuk kuku kakimu. Mulai dengan mengusapkan lapisan tipis base coat pada masing-masing kuku, kemudian lanjutkan dengan dua kali lapisan tipis warna kuteks yang kamu inginkan. Pada langkah ini, tunggu kuteks sampai kering sebelum mengulaskan lapisan yang kedua.

Jika ingin hasil kuteks yang lebih rapih pada kuku kaki, kamu dapat menggunakan perlengkapan tambahan seperti toe separator untuk memberikan jarak pada satu jari kaki dengan lainnya. Ini agar jari kaki nggak saling menempel dan membuat kutek menjadi menyebar. Juga, kamu dapat menggunakan orange sticks atau cotton bud untuk membersihkan kuteks yang melebar keluar dari kukumu.

Mudah bukan unutk melakukan pedicure sendiri dirumah? Selain menghemat waktu dan uang, kamu engga perlu merasa malu untuk menunjukkan kuku kakimu yang kurang terawat. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *