Latihan Otot Juga Penting untuk Perkuat Tulang

BERITA LIVE -Jakarta, Kekuatan tulang yang sering diperhatikan sebagai pencetus masalah osteoporosis akibat berkurangnya kepadatan tulang ternyata bukan hanya disebabkan tulang itu sendiri. Kekuatan otot juga berpengaruh besar pada kekuatan tulang.

Dijelaskan dr Lenny Pintowari, SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga, aktivitas dan kekuatan otot yang bersinergi dengan tulang berperan besar dalam menstimulasi kepadatan sel tulang.

“Tulang adalah bagian tubuh kita yang terus mengalami regenerasi sepanjang hidup. Setelah mencapai kematangannya di usia muda, tulang masih bisa menebal dan sel-selnya terus beregenerasi. Pada tahap tulang menebal ini aktivitas otot sangat berpengaruh,” katanya dalam konferensi pers Festival Komunitas 2017 di Kemenpora RI,

Dijelaskan lebih detil oleh dr Lenny, dalam siklus reabsorpsi (perombakan sel tulang) untuk membuat tulang kembali kompak atau padat, tarikan otot sangat penting. Oleh karenanya, orang perlu banyak bergerak dan olahraga untuk menguatkan otot dan menjaga kepadatan tulang yang mencegah osteoporosis di usia lanjut.

“Itulah mengapa kita disarankan untuk selalu banyak bergerak dan olahraga. Latihan fisik yang melibatkan otot, seperti latihan beban, penting untuk menguatkan sistem pergerakan kita yang terdiri dari otot, sendi, dan tulang,” terangnya.

Mereka yang berisiko atau sudah mulai mengalami osteoporosis juga akan dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga dengan beban ringan sebagai salah satu terapi.

“Oleh karena itu, olahraga beban bisa untuk pengobatan osteoporosis, selain untuk pencegahan. Pada kondisi tertentu, diperlukan adanya olahraga dengan tambahan beban ringan, misalnya senam sambil menggunakan dumbbell atau memasang beban di kaki,” jelasnya. (qq)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *