Limbah Medis Asian Games Akan Diambil 2 Hari Sekali

berita live – Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan bertanggung jawab atas limbah medis dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dihasilkan dari Asian Games. Rencananya, limbah medis akan dikumpulkan setiap dua hari sekali.

“Mekanisme pengelolaan limbah berupa pengambilan limbah medis dari setiap titik-titik kegiatan di Jakarta setiap dua hari sekali untuk diangkut dan diolah di Fasilitas Pengolahan Limbah B3,” kata Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Rosa Vivien Ratnawati dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (10/8/2018).

Asian Games akan berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Limbah medis dan limbah B3 itu bersumber dari tes dopping dan medical station.

“Koordinasi telah dilakukan dengan melibatkan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Jasa Pengelola Limbah B3, dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta,” ujar Vivien.

KLHK bersama Jasa Pengelola Limbah B3 selanjutnya akan menyediakan perlengkapan untuk penanganan limbah medis berupa 15 unit Wheel Bin ukuran 240 liter, 100 unit Infectious Bin, 650 unit safety box, plastik kuning kemasan limbah medis, 5 unit coolbox ukuran 125 liter, 4 unit drop box untuk limbah B3 non medis yaitu electronic waste dan 1 unit cold storage.

“Untuk kegiatan yang berlokasi di Palembang akan disiapkan cold storage sebagai fasilitas penyimpanan sementara limbah medis untuk selanjutnya diangkut dan diolah di Fasilitas Pengolahan Limbah B3. Pengelolaan limbah B3 non medis berupa limbah elektronik akan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta,” tutur Vivien.

“Melalui Asian Games 2018, KLHK memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia dalam hal pengelolaan limbah B3 dengan tepat dan benar,” paparnya.

(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *