Lingkaran Rumput Yang Misterius Di Nambia Afrika Selatan

BERITALIVE – Lingkaran peri menghiasi hamparan gurun di Nambia, Afrika Selatan. Tanah kosong misterius ini yang dikelilingi rerumputan lebat.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan 27 Juni 2012 pada dalam jurnal PLOS ONE yang telah membongkar misteri lingkaran rumput itu. Ahli biologi Florida State University, Walter Tschinkel yang telah menemukan lingkaran kecil yang tetap berada disana selama 24 tahun, sedangkan yang lebih besar bertahan sampai dengan 75 tahun.

Sebuah tampilan foto teranyar yang menunjukkan lingkaran rumput di Gurun Namibia yang bisa bertahan hidup pada dalam jangka waktu lama. Akan tetapi, sebagian besar lingkaran peri khas Namibia yang juga sering menghilang tanpa alasan yang jelas. Seperti dikutip dari Livescience, Selasa (3/7/2012).

Studi tersebut yang menyoroti mengapa rumput di Namibia yang dapat membentuk pola lingkaran, bertahan beberapa tahun, kemudian menghilang dalam lanskap sesudah beberapa dekade. Apa yang terjadi di balik fenomena aneh tersebut?

Tschinkel yang memulai penelitiannya tahun 2005 di Cagar Alam Namibia. Dia yang telah menganalisa hamparan  rumput yang menyerupai cincin tinggi yang mengelilingi tanah kosong. Butuh waktu bertahun-tahun untuk Tschinkel sebelum berhasil mengungkap misteri dibalik lingkaran rumput Namibia.

Ternyata, lingkaran rumput tersebut yang cuman bisa ditemukan di gurun. Sebab untuk dapat membentuk lingkaran, rerumputan membutuhkan tanah berpasir dengan sedikit unsur batuan. Di Namibia, kumpulan rumput tumbuh alami menyesuaikan diri dengan kondisi sebuah gurun pasir. (st)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *