Makanan Enak dan Terkenal dari Kota Padang



BERITALIVE –
Kota Padang memiliki beragam makanan, mulai dari yang berkuah hingga yang kering. Dari sekian banyak makanan padang, ada beberapa makanan padang yang enak dan terkenal.

Sate Padang

Sate padang terbuat dari daging sapi dan jeroan yang dipotong dadu. Sate padang biasanya disajikan dengan potongan ketupat atau nasi putih.

O iya, tusukan sate dan ketupat itu biasanya disiram dengan bumbu kuning.

Bumbu kuning kental itu terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kaldu, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari, dan garam.

Namun, ada juga sate padang yang disiram dengan bumbu kental yang berwarna merah.

Gulai Itiak

Gulai itiak atau dikenal dengan gulai itik merupakan salah satu makanan khas dari Padang. Masakan ini mempunyai warna hijau yang khas dan rasanya juga cukup pedas. Bebek yang digunakan biasanya bebek sawah.

Untuk membuat masakan ini, daging bebek yang digunakan biasanya akan diiris tipis-tipis. Setelah itu, daging dimasak dengan berbagai rempah, seperti cabe hijau kriting, laos, kunyit, dan jahe.

O iya, negara Tiongkok juga punya hidangan spesial berbahan dasar bebek, lo.

Soto Padang

Selain gulai itiak, Kota Padang juga punya hidangan yang lain, seperti soto padang. Makanan dengan kuah bening ini biasanya berisi irisan daging sapi, bihun, tomat, perkedel, dan juga kol.

Biasanya makanan ini disajikan dengan sepiring nasi putih.

O iya, daging sapi yang digunakan untuk soto padang biasanya daging khas dalam. Kenapa harus daging khas dalam? Konon, daging khas dalam mempunyai tingkat kekenyalan yang pas dan juga empuk. Jadi, cocok untuk soto padang.

Rendang

Semua tempat makan padang, selalu menyediakan masakan ini. Jadi, Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan ini.

Seperti kita tahu, daging sapi merupakan bahan utama untuk membuat rendang. Selain itu, santan dan berbagai rempai juga tak boleh dilupakan.

Di Padang, tak hanya daging sapi yang bisa dibuat menjadi rendang. Makanan lain, seperti telur dan ayam, juga bisa dijadikan rendang, lo. O iya, untuk membuat rendang, diperlukan waktu yang cukup lama. Jadi harus sabar.

Itulah makanan enak dan terkenal dari Padang. Apakah Teman-teman pernah mencoba salah satunya?

JM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *