Malaysia Bahas Kabut Asap Indonesia Di Forum Menteri ASEAN

BERITA LIVE –¬†Pemerintah Malaysia dilaporkan bakal membahas soal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kabut asap di dalam Pertemuan Tingkat Menteri Lingkungan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) di Kamboja. Agenda itu dijadwalkan digelar selama empat hari sejak Selasa (8/10) kemarin.

Menurut Menteri Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Malaysia, Yeo Bee Yin, masalah itu bakal diangkat di dalam forum tersebut oleh wakilnya, Isnaraissah Munirah Majilis.

“Sudah ada diskusi khusus yang diselenggarakan sebelumnya, tetapi Munirah akan mengangkat masalah itu dalam pertemuan tersebut,” kata Yin, seperti dilansir beritalive.com, Rabu (9/10).

Menurut Kementerian Lingkungan Kamboja yang menjadi tuan rumah dan penyelenggara, sejumlah permasalahan yang akan dibahas dalam pertemuan itu adalah perubahan iklim, kota yang ramah lingkungan, konservasi keragaman hayati, menjaga laut dan wilayah pesisir, pendidikan lingkungan, manajemen sumber daya air, dan manajemen limbah kimia dan berbahaya.

Pada September lalu, Malaysia mengeluh karena ikut terdampak kabut asap yang sebagian besar berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Meski demikian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menyatakan empat perusahaan Malaysia terlibat dalam karhutla.

Pemerintah Malaysia sudah menjanjikan bakal menghukum perusahaan swasta mereka yang terlibat karhutla di negara lain. Namun, sampai saat ini Yin mengklaim belum menerima laporan apapun dari pemerintah Indonesia.
(AS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *