Mandi Pagi atau Malam Hari yang Terbaik untuk Tubuh?

Mandi Pagi atau Malam Hari yang Terbaik untuk Tubuh?

Berita Live – Mandi pagi atau mandi malam, apakah ada waktu terbaik untuk membersihkan badan? Sebab beberapa orang lebih suka membersihkan kotoran dan keringat pada malam hari, sehingga badan terasa fresh saat masuk selimut untuk tidur.

Namun bagi orang yang selalu mengawali hari dengan mandi di pagi hari, tentu aneh membayangkan hanya membersihkan badan di malam hari. Tapi selain sebuah pilihan, adakah manfaat lebih pemilihan waktu terbaik untuk mandi, ataukah harus keduanya?

Ternyata, mencuci badan dan tubuh di malam hari memiliki keunggulan di waktu tidur. “Mandi sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tertidur lebih cepat,” kata Elizabeth Culnan, PhD, Rekan Postdoctoral di Behavioral Sleep Medicine, Rush University Medical Center.

Ia pun merinci mengapa mandi di malam hari membuat tidur lebih nyenyak. Bahkan yang biasanya kita kira mandi malam membuat tubuh dingin, nyatanya bisa menghangatkan.

Kunci Mandi untuk Tidur Terbaik

“Kuncinya adalah pada waktu: Mandi 1,5-2 jam sebelum tidur akan menghangatkan tubuh Anda dan kemudian juga memungkinkan kita mengalami penurunan suhu tubuh yang membuat ngantuk dan tidur lebih nyenyak.”

Bahkan, mandi malam sangat bermanfaat di iklim yang lebih hangat atau selama bulan-bulan musim panas,

“Dalam cuaca yang lebih panas, mungkin sulit untuk mendapatkan penurunan alami dalam suhu tubuh yang dibutuhkan untuk tidur yang baik — di situlah mandi atau mandi dapat membantu,” katanya.

“Penurunan suhu tubuh ini menyebabkan tubuh kita memperlambat detak jantung, laju pernapasan, dan pencernaan kita — memasukkan tubuh kita ke dalam ritme sempurna untuk tidur yang optimal.”

Waspadai Waktu Mandi

Namun, jangan menunggu terlalu lama sebelum tidur untuk membersihkannya yang mungkin akan membuat kamu terjaga sepanjang malam.

“Jika kamu mandi terlalu dekat dengan waktu tidur, itu dapat memanaskan tubuh dan tidak menyisakan cukup waktu untuk suhu tubuh yang mungkin membuatmu merasa lebih waspada, dan sulit tidur padahal sudah ngantuk.”

Sementara untuk mandi pagi sejauh ini belum ditemukan manfaat secara ilmiah meski tentu saja punya keuntungan. “Mandi sebagai bagian dari rutinitas pagi setiap hari juga dapat berfungsi sebagai apa yang kita sebut zeitgeber — pada dasarnya isyarat eksternal yang memberikan informasi kepada jam di otak ini saatnya memulai hari,” kata Culnan.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *