Manfaat Daun Kemangi Segar Untuk Yang Wajah Berjerawat

BERITA LIVE – Ocimum citriodorum atau kemangi adalah herba yang cukup umum ditemui di beberapa negara Asia Tenggara, antara lain Thailand, Laos, dan Indonesia. Batang dan daun tumbuhan ini biasanya digunakan untuk menambah aroma pada kari, hidangan laut, atau sup.

 

Kemangi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit wajah. Terutama kulit wajah yang berjerawat.

 

Dilansir Specialty Produce, kemangi mengandung beberapa jenis minyak esensial. Beberapa di antaranya adalah linalool, nerol dan citral. Ketiganya memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri, jadi bisa melindungi kulit dari bakteri dan kuman pemicu jerawat.

 

Dilansir Spiceography, citral dan limonene yang terkandung di dalam kemangi juga memiliki khasiat antiinflamasi. Ampuh untuk mengatasi peradangan pada jerawat.

 

Jika ingin memanfaatkan kemangi untuk mengatasi jerawat, ambil segenggam daunnya yang masih segar. Tumbuk dengan peralatan yang higienis, kemudian terapkan pada wajah.

 

Jika wajah berminyak, tambahkan sedikit air perasan lemon. Sementara kulit kering akan mendapatkan khasiat lebih dengan tambahan beberapa tetes madu organik.

 

Diamkan masker selama setidaknya tiga puluh menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin. Tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya. {le}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *