Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

BERITALIVE – Kayu manis memiliki banyak fungsi. Bisa dijadikan sebagai campuran makanan, minuman, atau sekedar taburan. Di Barat, kayu manis juga sering dijadikan campuran utama dalam poutporri, sejenis pewangi ruangan dari bunga-bunga kering.

Bagi kamu yang masih asing dengan rempah satu ini, ada baiknya untuk segera mengakrabkan diri. Karena, tak hanya berbau harum dan memberi kekayaan rasa, kayu manis juga memiliki segudang menfaat kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Setelah makanan penuh lemak, kadar lemak di dalam darah yang dikenal sebagai trigleserida meningkat. Dan tingkat trigliserida yang meningga secara kronis meningkatkan risiko penyakit jantung.  Maka dari itu, kamu harus melakukan diet yang kaya akan kayu manis, karena dapat membantu menangkis efek negatif dari makanan berlemak.

 

2. Meregulasi Gula Darah

Para peneliti menemukan ekstrak kayu manis yang kaya akan antioksidan bisa membantu menurunkan faktor risiko yang diasosiasikan dengan diabetes dan penyakit jantung. Dalam studi, 22 orang relawan obesitas dengan pradiabetes dibagi jadi 2 kelompok. Satu grub diberi placebo, dan yang lain diberi satu dosis kayu manus. Dan setelah 12 minggu, hasilnya menunjukan ekstrak kayu manis meningkatkan status antioksidan dan membantu menurunkan kadar gula darah.

 

3. Melindungi dari Diabetes

Kayu manis telah terbukti bisa memperlambat pengosongan perut, yang hasilnya bisa memangkas peningkatan tajam pada gula darah setelah makan. Hal itu juga akan meningkatkan kesensitivitasan terhadap insulin.

 

4. Fungsi Otak yang Lebih Baik

Hanya dengan mencium kayu manis saja, sudah dapat meningkatkan proses kognitif. Tapi, mengonsumsinya bisa meningkatkan fungsi otak secara signifikan. Rempah yang wangi ini bisa juga memiliki kemampuan memulihkan otak. Ekstrak kayu manis mencegah pembengkakan pada sel otak, yang biasa ditemukan setelah trauma kecelakaan otak atau stroke.

 

(IAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *