Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Agar Terhindar Dari Kanker

BERITA LIVE – Kunyit adalah bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kunyit termasuk rempah-rempah yang dipercaya bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Kunyit putih atau temu putih ini sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional.

Kunyit putih memiliki kandungan tianin, pati, curcumin, minyak atsiri, gula, saponin, resin, flavonoid dan protein yang bisa menguatkan sistem imun tubuh, agar terhindar dari penyakit kanker.

Kunyit putih atau yang memiliki nama lain curcuma zedoaria ini, merupakan tanaman empon-empon yang berasal dari India dan Indonesia, yang juga dibudidayakan di negara Eropa dan Amerika Serikat. Berikut 5 manfaat kunyit putih untuk kesehatan, agar terhindar dari penyakit kanker, dilansir dari berbagai sumber: Resep Koki Medan

Mencegah Kanker

10 Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Putih - Cintai Hidup

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah membantu mencegah kanker. Sejak zaman dahulu, kunyit putih ini digunakan sebagai obat tradisional, yang bisa membantu memecah sel kanker dan tumor.

Kunyit putih memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu melawan radikal bebas, serta membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mencegah kanker, kamu bisa memotong kunyit putih yang sudah dibersihkan, lalu jemur kunyit putih di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah itu giling kunyit putih hingga halus, dan seduh kunyit putih setiap hari.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Herbadrink

Mengonsumsi kunyi putih secara rutin, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, untuk mencegah peradangan pada sistem pencernaan.

Selain itu, kunyit putih juga bisa membantu mencegah perut kembung, mengobati cacing, mengurangi peredangan otot, mencegah sembelit dan mengatasi mual.

Untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, kamu bisa menyeduh kunyit putih dengan air hangat, lalu konsumsilah setiap pagi hari saat perut masih kosong.

Menyembuhkan Peradangan

KUNYIT PUTIH SEGAR 1 KG /TEMU PUTIH /CURCUMA ZEDOARIA | Lazada Indonesia

Kunyit putih memiliki sifat anti inflamasi, sehingga bisa membantu menyembuhkan peradangan, seperti radang sendi, radang usus, radang tenggorokan dan peradangan yang lainnya.

Kandungan curzenone dan dihydrocurdione yang ada di dalam kunyit putih, bisa membantu meredakan rasa nyeri, serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

Kunyit putih dapat dikonsumsi kapan saja, baik dikonsumsi saat sakit maupun saat sehat. Kunyit putih juga dapat di haluskan menjadi bentuk pasta, untuk membungkus luka yang meradang.

Mengobati Alergi

10 Manfaat Kunyit Putih, Obati Maag hingga Tangkal Kanker

Manfaat kunyit putih yang selanjutnya, bisa membantu mengobati alergi, mengurangi rasa gatal akibat alergi, meredakan rasa panas dan kemerahan karena alergi.

Ekstrak kunyit putih sering digunakan sebagai obat tradisional, yang bisa membantu membunuh virus atau kuman penyebab alergi, serta menghambat pertumbuhan protein penyebab peradangan.

Kandungan curcuminoids yang ada di dalam kunyit putih, juga bisa membantu menetralkan racun atau zat kimia yang terdapat di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan alergi pada tubuh.

Menyembuhkan Sakit Maag

14 Manfaat Temu Putih Sebagai Obat Herbal Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat kunyit putih yang terakhir adalah membantu menyembuhkan sakit maag. Sakit maag atau yang sering disebut dengan penyakit dyspepsia, adalah kondisi saat perut bagian atas atau sekitar ulu hati mengalami nyeri, yang sifatnya berulang atau kronis.

Kunyit putih memiliki kandungan minyak atsin, gula, saponin, protein toksn, flavonoida dan kurkumin, yang bisa membantu menyembuhkan rasa nyeri pada ulu hati, yang disebabkan penyakit maag.

Kunyit putih juga bisa membantu mengatasi asam lambung, karena kunyit putih memiliki sifat basa, yang bisa menetralkan keasaman yang terjadi pada cairan di dalam lambung.

Resep Minuman Kunyit Putih

5 Resep Membuat Jamu Kunyit yang Paling Praktis • Deherba.com

Kunyit putih dapat dikonsumsi dengan campuran madu. Kedua bahan ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, karena memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan bisa membantu meredakan nyeri.

Bahan:

2 rimpang kunyit putih
2 sdm madu
1 gelas air

Cara Membuat:

Parut 2 rimpang kunyit putih hingga halus.
Rebus 1 gelas air hingga mendidih.
Masukkan parutan kunyit putih hingga matang.
Matikan api dan saring kunyit putih ke dalam gelas.
Tambahkan madu dan aduk hingga rata.
Minum selagi masih hangat secara rutin setiap malam sebelum tidur

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *