Manfaat Minum Air Hangat yang Perlu Kamu Ketahui

BERITA LIVE – Air hangat ternyata memiliki manfaat bagi tubuh ketika kita mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup dan secara rutin, serta dalam kondisi yang memang dibenarkan. Lalu, apa saja manfaat dari meminum air hangat? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Mampu meringankan nyeri saat haid

Hasil gambar untuk 1. Mampu meringankan nyeri saat haid
Banyak dari kaum perempuan yang mengeluhkan nyeri pada saat haid. Ternyata, minum air hangat dengan jumlah yang cukup dapat membantumu mengurangi kram perut yang biasanya terjadi ketika haid. Kram perut terjadi akibat otot perut dan rahim mengencang karena meningkatnya sirkulasi darah saat haid. Dikutip Alodokter.com yang ditinjau oleh dr. Kevin Adrian, meminum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam, sehingga ketika kamu meminum air hangat, maka nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang.

2. Mampu menghilangkan racun dalam tubuh

Hasil gambar untuk 2. Mampu menghilangkan racun dalam tubuh
Saat pagi hari, cobalah untuk terbiasa meminum segelas air hangat, karena air hangat dapat membantu menghilangkan racun berbahaya dalam tubuhmu. Ketika kamu melakukannya secara teratur, sistem endokrin dalam tubuhmu akan aktif dan membuatmu berkeringat, sehingga racun berbahaya dalam tubuhmu akan terbuang. Air hangat terbilang efektif membersihkan sistemmu.

3. Mampu melegakan sistem syaraf tubuh

Hasil gambar untuk 3. Mampu melegakan sistem syaraf tubuh
Manfaat minum air hangat yang terakhir adalah melegakan sistem syaraf tubuh. Ya, air hangat dapat membantu melegakan sistem syaraf pusat tubuhmu. Ketika tubuh memiliki sistem syaraf yang optimal, maka fungsi tubuhmu pun akan berjalan dengan baik. Hal ini juga otomatis membuat rasa sakitmu berkurang.

4. Mampu meringankan stres

Hasil gambar untuk 4. Mampu meringankan stres
Minum air hangat ternyata mampu meringankan tingkat stres. Stres disebabkan oleh hormon stres yang bernama kortisol. Ketika kamu meminum air hangat, maka air hangat tersebut akan membantu menenangkan otakmu, karena air hangat mampu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuhmu. Hal ini pun dapat membuat tingkat stresmu berkurang. Bukan hanya ketika meminum air hangat saja, bahkan mandi dengan air hangat pun bisa membuat pikiranmu menjadi tenang, serta membuatmu memiliki kondisi mental yang stabil.

Nah, itulah beberapa fakta akan manfaat yang di dapatkan ketika meminum air hangat. Tubuh kita memang membutuhkan banyak cairan untuk dapat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, maka mengonsumsi cairan dari air putih sangatlah penting. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *