Manfaat Sarang Burung Walet dalam Mengatasi 3 Penyakit Ini

Manfaat Sarang Burung Walet dalam Mengatasi 3 Penyakit Ini

Berita Live – Di beberapa negara Asia, sarang burung walet dianggap sebagai salah satu makanan yang bergengsi. Manfaat sarang burung walet yang diyakini masyarakat yakni sebagai makanan bernutrisi sekaligus obat alternatif. Makanan ini berasal dari sekresi kelenjar ludah (air liur) spesies burung walet tertentu.

Selain sebagai makanan, sarang burung walet juga dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Sebagian manfaat sarang burung walet tersebut telah didukung oleh riset yang dilakukan oleh para ilmuwan.

*Obesitas
Di dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa sarang burung walet merupakan bahan makanan yang memiliki antioksidan dan antiperadangan. Penelitian dilakukan pada tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Tikus tersebut diteliti selama tiga bulan untuk melihat bagaimana dampak efek antioksidan dan antiperadangan dari sarang burung walet.

*Diabetes
Penelitian lain yang juga menggunakan tikus sebagai bahan percobaan, menunjukkan efek positif dari sarang burung walet. Studi kali ini menyoroti pemakaian sarang burung walet guna menurunkan risiko terjadinya gangguan insulin, seperti pada penyakit diabetes.

*Osteoarthritis
Sebuah penelitian menemukan adanya potensi manfaat sarang burung walet untuk dijadikan pengobatan penyakit osteoarthritis. Hal tersebut berdasarkan adanya komponen tertentu pada sarang burung walet yang ditengarai bisa mengurangi tingkat keparahan osteoarthritis dan membantu merangsang pertumbuhan tulang rawan. Penelitian ini baru dalam tahap penelitian di laboratorium.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *