Maraton Bisa Jadi Cara Untuk Lebih Muda Dan Tingkatkan Kesehatan Jantung

Berita Live – Marathon merupakan salah satu jenis lari yang memiliki jarak jauh dan membutuhkan ketahanan. Melakukan marathon ini di ketahui bisa membantu seseorang membalik efek penuaan.

Hal ini di simpulkan dari hasil penelitian terbaru. Menurut penelitian tersebut, di ketahui bahwa lari jarak jauh dari analisis terhadap 138 orang yang melakukan maraton untuk pertama kalinya.

Peneliti mengatakan bahwa maraton bisa menurunkan ketengangan aorta. Kondisi ini terjadi ketika arteri jantung menjadi tidak fleksibel dan dalam kondisi tekanan darah rendah.

Seseorang yang mengalami peremajaan di jantung karena maraton ini juga cenderung lebih aman dari serangan stroke. Risiko ini bisa mneurun hingga 10 persen karena meningkatnya kondisi tekanan darah.

” Walau perubahan tampak kecil, secara klinis hal ini sangat berarti, terang Charlotte Manisty, peneliti dan pengajar di Univerity College London.

Melalui sejumlah penelitian di ketahui bahwa manfaat dari berlari ini banyak di alami pria. Diketahui bahwa manfaat dari berlari ini lebih bnayak di alami pria. Diketahui bahwa ketegangan aorta yang mereka miliki menurun secara signifikan serta jantung mereka 1,4 tahun lebih mudah di banding pada wanita.

Marathon juga di ketahui bisa membalik penuaan vaskular pada pelari usia 37 tahun keatas. Perubhan ini terjadi bahwa pada orang yang tidak melakukan latihan sangat keras.

” Dengan menyelesaikan latihan dan melewati garus finish, mungkin terjadi perubahan pada sistem kardiocaskular kepala pelari marathon pertama kali,”terang peneliti Anish Bhuva dari European Cadridology Society.

” Kamu tidak perlu menjadi atlet elit untuk mendapat menfaat dari berlari marathon. Faktanya, manfaat ini tampak lebih besar pada mereka yang lebih tua dan lambat,” sambungnya.

Dalam penelitian ini, peneliti belum menemukan jumlah tepat berapa banyak olahraga yang di butuhkan untuk mendapat manfaat marathon. Namun sebelumnya pakar menyebutkan bahwa hanya olahraga ringan selama 10 menit setiap hari bisa meningkatkan kesehatan mental. {cr}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *