Mau tahu 5 alasan, Kenapa indomaret Selalu Berdekatan Dengan Alfamart? ini dia alasanya

ilustrasi-indomaret-alfamart-140616-5-andri

Bagaikan dua sejoli yang tidak terpisahkan, kedua minimarket ini selalu tidak terpisahkan. Dimana ada Alfamart, biasanya disana ada Indomaret. Tentunya kalian pasti juga bertanya tanya bukan kenapa kedua minimarket ini saling berdekatan? Bukannya kalau seperti ini justru malah merugikan keduanya?

Beberapa tahun terakhir, minimarket semakin berkembang pesat di tengah kehidupan masyarakat modern. Pengusaha juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk membuka sebuah minimarket, karena mereka sekarang dimudahkan dengan adanya sistem waralaba ini. Di wilayah Jakarta dan mungkin beberapa kota di Indonesia, masyarakat seringkali melihat keberadaan minimarket Indomaret milik PT Indomarco Prismatama yang harus berhadapan langsung dengan minimarket Alfamart yang lisensinya dipegang oleh PT Sumber Alfaria Trijata Tbk.

Berikut alasanya…

1. Wiwiek Yusuf selaki Marketing Director PT Indomarco Prismatama menuding Alfamart sebagai perusahaan yang meniru strategi bisnisnya. Kalau Indomaret buka di suatu tempat, biasanya Alfamart menirunya dengan membuka gerai di tempat yang cukup berdekatan bahkan tidak jarang yang bersebelahan. Wiwiek juga mengakui kalau Alfamart banyak mengambil sejumlah karyawan Indomaret.

2. Memiliki Pangsa Pasar yang Sama

Tak dipungkiri, kedua minimarket ini memiliki pangsa pasar yang sama, yaitu golongan orang-orang yang ingin praktis dalam berbelanja dan sedikit memiliki gengsi. Berbelanja di minimarket lebih bergengsi dibanding warung kelontong pinggir jalan meskipun barang yang dibeli sama. Biarpun harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding warung kelontong biasa, konsumen di perkotaan lebih memilih kepraktisannya. Ditambah dengan fasilitas kartu kredit dan ATM yang biasanya ada di dalam minimarket Alfamart dan Indomaret.

3. Menjual Produk yang Seragam

Tak ada bedanya produk-produk yang dijual di dua minimarket ini. Hal yang membedakan adalah promo dan diskon yang jadi daya tarik konsumen. Selebihnya, hampir tidak ada yang berbeda. Bila kamu sedang berjalan-jalan di daerah ramai di perkotaan dan menemukan kedua minimarket ini dengan jarak yang berdekatan, cobalah masuk ke Alfamart dan lihat bagaimana susunan display produk-produknya.

4. Berada di Pusat Keramaian

Entah siapa yang memulai, bahwa minimarket Alfamart dan Indomaret adalah laron bagi keramaian. Dimana ada keramaian maka di situ mereka akan berdiri. Dan anehnya, selalu ada tempat yang bisa dijadikan lahan untuk mendirikan masing-masing cabang. Sepertinya semua itu tak lepas dari campur tangan masyarakatnya yang memang mendukung tumbuh suburnya kedua minimarket ini di suatu wilayah.

5. Target penambahan gerai yang marathon

Indomaret sebagai market leader (pemimpin pangsa pasar) dari bisnis mini market ini telah memiliki lebih dari 3000 gerai, disusul oleh Alfamart sebagai kompetitor utama. Walaupun telah menjadi ikon dari keberadaan mini market di Indonesia, keduanya tidak henti  melebarkan sayap kejayaannya. Baik Indomaret maupun Alfamart  memiliki target penambahan gerai yang tidak tanggung-tanggung. Keduanya seakan melakukan marathon dalam pembukaan gerai, tidak peduli walaupun gerai baru harus dibuka berdekatan dengan sang pesaing.

Sebenarnya jarak minimarket yang cukup berdekatan ini cukup mengganggu. Tapi menurutnya itu menjadi tantangan untuk nya supaya Indomaret bisa memberikan kualitas dan pelayanan yang baik. Salah satunya dengan gencar memberikan sejumlah program promo setiap pembelian produk.

Bahkan yang terbaru, Alfamart meniru gebrakan Indomaret dengan membuka gerai minuman di minimarket mereka. Tapi Indomaret juga tidak terusik, karena menurut Wiwiek Indomaret akan menjadi pelopor perbelanjaan modern dengan melayani berbagai fasilitas payment poin, mulai yang saat ini sudah diterapkan dari pembayaran listrik, pembelian pulsa elektronik, hingga pembelian tiket peswat dan kereta api.

DSCN2526

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *