Melihat Atom Expo di Moskow, Nuklir Bukan Lagi Benda yang menakutkan

Melihat Atom Expo di Moskow, Nuklir Bukan Lagi Benda yang menakutkan

Moskow -Atom Expo digelar di Moskow, Rusia. Helatan acara ke VII ini menampilkan aneka kegunaan nuklir untuk perdamaian. Mulai dari energi listrik, pengobatan, hingga tenaga untuk kapal penangkap ikan.

Acara digelar di Gostiny Dvor, Moskow, Senin (1/6/2015) siang dan dibuka CEO ROSATOM, Sergey Kirienko.

“Nuklir adalah sumber energi yang digunakan untuk perdamaian,” terang Kirienko.

ROSATOM merupakan BUMN Rusia yang membidangi nuklir. ROSATOM juga yang menyelenggarakan Atom Expo ini.

Menurut Kirienko saat ini melihat dari apa yang terjadi di Fukushima, Jepang semua belajar tentang cara membangun konstruksi yang baru yang lebih aman.

“Teknologi baru yang lebih aman,” imbuh dia.

Sementara menurut Chairman of The World Association of Nuclear Program, Jacques Regaldo nuklir bukan sesuatu yang menakutkan. Nuklir adalah sumber energi, sumber ekonomi dan perdamaian.

“Nuklir sebagai energi berkembang pesat di Asia, di Timur Tengah. Nuklir aman, karena yang utama dalam industri nuklir adalah keamanan,” jelas Regaldo.

Atom Expo yang dihadiri sejumlah perwakilan negara-negara mulai dari Saudi Arabia, Vietnam, Nige‚Äéria, dan dari BATAN Indonesia ini mengedepankan penggunaan nuklir untuk energi.

“Permintaan akan energi nuklir berkembang pesat. Nuklir harus lebih baik dan lebih aman,” urai General Director of The Wordl Nuklir Association (WNA) Agneta Rising.

Di Atom Expo ini digelar sejumlah pameran teknologi yang menggunakan energi nuklir. Ada juga sejumlah reaktor yang diperlihatkan gambarnya.

“Nuklir lebih aman dan ramah lingkungan,” tutup Rising.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *