Membahayakan Atau Tidak Kalau Mata Memerah Setelah Habis Berenang?

BERITALIVE –¬†Sering sekali sesudah berenang pada tempat umum, mata terasa perih dan kemerah-merahan. Banyak yang menganggap hal itu terjadi disebabkan banyaknya kaporit atau klorin dalam kolam renang tersebut. Myatanya, tidak demikian.

Menurut Kepala Pusat Pencegahan Penyakit untuk pogram renang sehat, Michale Hlavsa, mata kemerahan diakibatkan dengan campuran urine dan bahan kimia. Bahkan semakin mata kemerahan tersebut itu berarti ada banyak perenang juga yang kencing di dalamnya.

”Nitrogen dalam urine yang bercampur dengan klorin yang akan juga membentuk chloramine. Hal inilah yang menimbulkan mata merah. Semakin kuat bau klorin pada kolam, berarti semakin banyak perenang yang kencing,” .

Hilavsa yang mengatakan, kolam sehat tersebut tidak memiliki bau seperti bahan kimia. Dan kalu kamu memiliki kolam renang sendiri, dia mengingatkan untuk memeriksakan kadar klori dan juga kadar pH.

Tingkat pada klorin harus antara 1 sampai 2 ppm. Sedangkan pH harus antara 7,2-7,8. PH penting sebab menentukan seberapa efektif klorin itu, Karena kolam renang yang telah tercemar yyang akan juga memicu tumbuhnya kriptosporidium, kuman yang menyebabkan diare,”. (st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *