Mengatur Pola Keuangan Setelah Menikah

Menikah akan membuat posisi keuangan menjadi lebih mantab dan mapan. Bila hanya suami yang bekerja, maka keuangan menjadi mantab karena istri bisa berperan sebagai pengatur keuangan. Perlu diingat, pemasukan yang ada akan menjadi sangat bermanfaat bila di-manage dengan tepat. Bila Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan memiliki pendapatan, maka pernikahan akan membantu keluarga Anda semakin mapan dengan adanya dua pemasukan setiap bulan.

Pembicaraan pengaturan keuangan keluarga harus dilakukan secara terbuka antara suami dan istri. Anda berdua perlu membahas tujuan jangka panjang, besarnya kemampuan hutang, serta rencana kebutuhan sehari-hari. Jangan lupakan juga untuk membahas tentang perlindungan untuk Anda berdua lewat asuransi kesehatan. Pilihan terbaik adalah memakai instrumen asuransi yang selain melindungi kesehatan dan jiwa Anda, juga memberikan manfaat investasi jangka panjang, seperti Provisa Max dari BCA.

Setelah mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan rencana masa depan, ada beberapa pilihan cara untuk  mengatur gaji setelah menikah :

  1. Pembagian Pendapatan Sama Rata
    Anda dan pasangan ‘menyumbang’ jumlah yang yang sama untuk membayar biaya rumah tangga. Uang yang tersisa dari pendapatan masing-masing bebas digunakan untuk kepentingan dan kebutuhan pribadi lainnya . Keuntungannya adalah tiap orang masih memiliki uang pribadi. Tapi metode ini bisa menimbulkan kecemburuan, karena pasangan dengan pemasukan yang lebih besar akan memiliki sisa uang pribadi yang lebih besar pula.
  2. Pembagian Pendapatan Proporsional
    Jumlah yang dikumpulkan Anda dan pasangan tergantung dari jumlah pendapatan masing-masing. Jadi, pasangan dengan pendapatan lebih besar punya presentase ‘menyumbang’ lebih besar untuk membayar biaya rumah tangga. Metode ini masih bisa menimbulkan kecemburuan karena perbedaan sisa uang pribadi masih bisa terjadi.
  3. Pengumpulan Total Pendapatan dalam Satu Rekening
    Metode ini mengumpulkan pendapatan Anda dan pasangan Anda di 1 rekening, lalu digunakan bersama untuk membayar kebutuhan rumah tangga. Setiap pemakaianuang dalam rekening ini harus disepakati bersama. Dengan metode ini, Anda dan pasangan memiliki hak yang sama atas penggunaan pendapatan yang tersisa. Metode ini akan lebih bermanfaat jika intrumen tabungan dilengkapi dengan berbagai kemudahan transaksi.

Metode mana yang akan Anda pilih? Apapun pilihannya, rasa saling percaya dengan pasangan tetap menjadi kunci utama agar metode yang dipilih berjalan dengan baik.

Selamat menempuh hidup baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *