Menjual Ayam Tiren,Berapakah Untung Yang Didapatkan Oleh Pelaku?

BERITA LIVE – Alex Suwardi (54) diringkus oleh polisi karena mengolah ayam yang sudah mati (ayam tiren) untuk diperjualkan kepada konsumen. Pria asal Desa Purworejo,Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang ini yang meraup keuntungan Rp 13 ribu dati setiap kilogram bangkai ayam yang dia olah.

Alex mengaku mendapatkan pasokan bangkai ayam dari perternakan di Kecamatan Godang, Kabupaten Mojokerto. Diamengolah ayam yang telah mati itu di sebuah rumah yang dia sewa di Dusun Balonglombok, Desa Balongmojo, Kecamatan Puri.

“Baru dua kali (dapat pasokan bangkai ayam). Pertama 2 kwintal, kedua 10 karung, saya kembalikan 7 karung karena kebanyakan,” kata Alex saat jumpa pers di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada,Kecamatan Mojosari, Senin (11/11/2019).

Bangkai ayam tersebut lanjut Alex, dia beli dengan harga Rp2rb perkilogramnya. Dia mengolah puluhan ekor ayam yang sudah mati di bantu dengan 7 pekerja asal Tangerang, Banten.

Bangkai ayam terlebih dulu dibersihkan dan diambil jeroannya. Selanjutnya ayam tiren itu dipotong-potong menjadi beberapa bagian,lalu dikemas dengan menggunakan kantong plastic. Tersangka hanya menyimpan daging ayam disebuah kotak pendingin untuk mengurangi bau busuk.

Rupanya Alex tidak perlu memasarkan daging ayam tiren hasil olahannya. Karena ada distributor dari Malang yang mengambil langsung ke tempat usaha Alex.

Dia mengaku mendapatkan keuntungan Rp 13 rb dari setiapkilogram bangkai ayam yang dia olah. Namun Alex berdalih belum sekalipun sempat menjualnya.

“Saya jual Rp 15 rb perkilogramnya. Pembeli belum sampai ambil, sudah ketangkap,” terangnya sembari menyampaikan permintaan maaf karena sengaja mengolah bangkai ayam untuk dijual kepada masyarakat.

Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno menurutkan, daging ayam tiren dari Alex diambil oleh distributor asal Malang. Menurut dia,ayam tiren itu dijual ke pasar untuk di konsumsi.

“Penjual di Mojokerto keterangan pelaku belum ada. Di Malang, ayam tiren ini dijual ke pasar untuk di konsumsi,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya memburu orang yang memasok bangkai ayam ke tersangka Alex. “Penyuplainya masih kami cari,” tandasnya.

Bisnis pengolahan ayam tiren ini digerebek polisi pada Sabtu (09/11) pada sekitar pukul 13.30 WIB. Daging ayam dari industry rumahan ini dipastikan tidak layak untuk di konsumsi. Meski ditempatkan pada kotak pendingin, daging ayam berbau busuk yang sangatlah menyengat.

Pada saat ini polisi baru menetapkan Alex sebagai tersangka. Sementara 7 pekerjanya hanya dimintai keterangan sebagai saksi. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *