Merayakan Lebaran Dengan Ketupat, Warga Langsung Serbu Penjual Janur

BERITA LIVE – Di penghujung Ramadan, warga yang tengan sibuk untuk mempersiapkan kebutuhan Lebaran. Warga tak hanya disibukkan dengan belanja pakaian dan kebutuhan pokok, namun mereka juga tidak akan pernah ketinggalan untuk membeli janur untuk ketupat buat lebaran.

Dari pantauan di pasar Baru Kota Probolinggo di Jalan Panglima Sudirman terlihat banyak pedagang janur dadakan. Dagangan mereka diserbu pembeli.

Salah satu pedagang janur di pasar tersebut, Imam (27) mengatakan dirinya memang sudah rutin sekali menjual janur di pada saat menjelang lebaran. “Saya setiap tahunnya saat lebaran pasti berjualan janur,” kata Imam, Rabu (13/6/2018).

Imam sudah mengatakan dirinya mulai menjual janur pada saat lebaran kurang 2 hari. Imam sudah mengakui karena di saat itu banyak warga yang berburu janur untuk kebutuhan lebaran.

“Saya menjual janur dan anyaman janur untuk bungkus ketupat lebaran,” kata Imam.

Dalam seharinya, Imam mengaku bisa menjual sebanyak 500-700 lembar janur dan juga anyaman janur. Selembar janur dijual Imam dengan harga Rp 500. Namun untuk anyaman janur yang sudah siap untuk dijadikan sebgai bungkus ketupat dia telah menghargai Rp 700.

“Jadi dalam sehari bisa dapat sekitar Rp 500-600 ribu,” kata Imam.

Hal senada juga dikatakan Kholifah, pedagang lainnya. Kholifah mengaku di dalam dua hari ini penjual janur memang banyak bermunculan di pasar menjelang lebaran. “Pada saat ini dengan besok penjualan janur akan meningkat sebelum lebaran tiba,” jelasnya.

Kholifah sudah mengaku, janur yang dia jual dia peroleh bersama dengan pedagang lainnya. Janur ini dikirim dari daerah Lumajang dan Banyuwangi. “Untuk Probolinggo sendiri janur yang dihasilkan tidak sebanyak yang di peroleh di daerah itu,” kata Kholifah.  {le}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *