Merokok Dapat Menyebabkan Penyerapan 10 Zat Gizi Anda Menjadi Terganggu

Perokok, Penyerapan 10 Zat Gizi Anda Pasti Terganggu

BERITALIVE-Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit. Umumya kita menganggap bahwa penyakit yang terjadi hanya dari asap rokok. Padahal selain karena asap rokok, kondisi kesehatan si perokok terus menurun karena sebagian besar asupan gizinya terganggu.

Nah, salah satu zat gizi yang hilang dari tubuh perokok adalah vitamin C dan D. Respiratory Health Association Chicago menyebutkan bahwa kedua jenis zat gizi ini terganggu penyerapannya akibat rokok. Dilanisr doktersehat.com, hal ini menyebabkan perokok rentan mengalami sakit akibat imunitas yang turun serta memiliki risiko terjadinya osteoporosis.

Namun tidak hanya itu, penelitian yang dipublikasikan oleh The Journal of Nutrition yang membandingkan asupan makanan dan gizi antara perokok dengan non-perokok dalam usia yang sama, menunjukkan ada 10 jenis zat gizi yang terganggu akibat merokok, yaitu:

1.Asupan energi total lebih tinggi 5% dibandingkan dengan bukan perokok.

2. Total asupan lemak lebih tinggi 3,5%

3. Lemak tidak jenuh lebih tinggi 8,9%

4. Kadar kolesterol tubuh lebih tinggi 10,8%, dan

5. Asupan alkohol lebih tinggi 77,5%

Kelima poin tersebut  tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh karena akan menyebabkan asupan lemak tubuh menjadi tinggi sehingga risiko tarjadinya penyakit jantung akan meningkat.

Selain itu, lima zat gizi yang berkurang akibat merokok adalah:

1. Lemak baik PUFA lebih rendah 6,5% dibandingkan dengan non-perokok
2. Asupan serat lebih rendah 12,4%
3. Vitamin C lebih rendah 16.5%
4. Vitamin E lebih rendah 10,8%, dan
5. Betakaroten sebagai pendukung fungsi vitamin A lebih rendah 11,8%

Meskipun tidak semua perokok mengalami gangguan asupan gizi, namun penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perokok cenderung memiliki kebiasaan sehat yang rendah, misalnya mengonsumsi alkohol dan kafein, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah asupan sayur dan buah. Hal itu kerap diiringi dengan pola aktivitas fisik dan pola tidur yang juga tidak teratur.

Merokok akan menyebabkan berbagai penyakit dan hal ini diperparah dengan gizi yang terganggu. Jadi memang sebaiknya Anda tidak merokok ya!

RW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *