Meski Dibangun dengan Kuat, Gedung Bisa Runtuh, Apa Penyebab Gedung Ambruk ?

BERITA LIVE-

Mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar mengenai gedung ambruk saat terjadi bencana gempa bumi. Gedung-gedung yang tinggi pastinya sudah diperhitungkan agar kuat. Namun, beberapa hal bisa menyebabkan gedung ambruk meski tidak terjadi bencana alam.

Yuk ketahui apa saja hal yang menjadi penyebab gedung ambruk.

Bangunan Gedung yang Kuat

Gedung didesain untuk menahan beban tertentu. Beban itu ada yang berasal dari berat manusia yang ada dalam gedung, barang-barang di dalamnya, berat air hujan, salju, sampai tekanan angin. Beban itu disebut live loads.

Sedangkan, ada juga beban dead load yang asalnya dari bangunan itu sendiri. Lalu, apa saja hal yang bisa menyebabkan gedung runtuh dan apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri dari gedung yang akan runtuh?

Penyebab Gedung Runtuh

Ada beberapa penyebab gedung bisa runtuh, mulai dari desain gedung hingga kelebihan beban.

Desain Gedung

Desain gedung bisa menjadi penyebab gedung runtuh. Selain karena kekeliruan perhitungan, desain yang keliru juga disebabkan oleh kesalahan perhitungan beban yang akan ditahan gedung.

Konstruksi Gedung

Konstruksi atau pembangunan gedung juga bisa mengalami kekeliruan, Misalnya penggunaan material atau pemasangan yang kurang tepat.

Fondasi

Bangunan rubuh juga bisa disebabkan oleh kondisi fondasi atau tempat bangunan didirikan. Menara Pisa misalnya, miring karena ada bagian tanah yang lunak dan menenggelamkan sebagian sisi menara.

Kelebihan Beban

Meski kuat dan dibangun dengan benar, ada juga bangunan yang rubuh karena berkali-kali menahan beban yang berlebihan, seperti hujan salju lebat, gempa bumi, angin topan. Beberapa hal di atas juga bisa bersama-sama menjadi penyebab sebuah bangunan runtuh.

Sebuah gedung yang sudah tua juga bisa rubuh bila terkena dampak bencana alam atau karena tidak pernah diperbaiki. Nah, apapun penyebabnya, bangunan runtuh bisa berbahaya bagi orang yang ada di dalam maupun di luar gedung.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *