Michy Batshuayi Berhasil Bawa Chelsea Menang Lawan Ajax

BERITA LIVE – Frank Lampard membuktikan kejelian dirinya melakukan pergantian pemain. Michy Batshuayi yang baru masuk di babak kedua, memastikan Chelsea membawa pulang poin penuh dari markas Ajax Amsterdam pada matchday ketiga Grup H Liga Champions 2019-2020, Kamis (24/10/2019) dini hari WIB dengan skor 1-0.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Chelsea berani menurunkan formasi ofensif 3-4-3. Hasilnya, mereka lebih tajam dan kreatif di sepertiga akhir lapangan. Ajax Amsterdam juga berani meladeni permainan agresif tim tamu sehingga laga berjalan menarik sejak awal.

Peluang pertama didapatkan Joel Veltman menit delapan yang melakukan penetrasi ke depan. Sayang, tembakannya meleset dari sasaran. Chelsea yang mencoba mengendalikan tempo, sedikit kesulitan saat dihadapkan pada pressing tinggi yang diterapkan Ajax Amsterdam.

Tusukan Mason Mount ke kotak penalti menit 14 sempat memberi harapan bagi Chelsea. Namun, tembakannya masih bisa diredam Andre Onana sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru. Hingga memasuki pertengahan babak pertama, bola banyak dikuasai Si Biru yang mampu tampil lebih tenang.

Ajax Amsterdam sempat mencetak gol di menit 35 lewat Quincy Promes menyambut umpan silang Hakim Ziyech dari sisi kanan penyerangan. Akan tetapi, gol dianulir oleh wasit Ovidiu Hategan setelah mendapat bisikan dari VAR. Winger berkebangsaan Belanda itu lebih dulu dalam posisi offside sebelum menyodok bola ke dalam gawang. Gol yang dianulir tersebut membuat babak pertama berakhir 0-0.

De Godenzonen yang menjadi semifinalis musim sebelumnya, tampil lebih menyerang di awal babak kedua. Sayangnya, serangan Hakim Ziyech dan kolega lebih banyak berakhir sebelum mencapai lini pertahanan Chelsea yang dikomandoi Kurt Zouma.

Butuh 15 menit buat Ajax Amsterdam merepotkan Kepa Arrizabalaga. Sundulan Edson Alvarez menit 59 nyaris membuat pendukung di Stadion Johan Cruyff Arena bersorak, tetapi masih membentur tiang. Peluang susulan lewat tembakan Daley Blind masih mampu diselamatkan penjaga gawang asal Spanyol itu.

Sadar timnya sulit mengembangkan permainan, Frank Lampard memasukkan Christian Pulisic pada menit 66 untuk menggantikan Willian Borges yang sempat mendapatkan perawatan di awal paruh kedua. Masuknya pemain asal Amerika Serikat (AS) itu membuat permainan Chelsea lebih mengalir.

Tusukan Pulisic sempat menghadirkan peluang bagi Michi Batshuayi menit 73. Pemain yang masuk menggantikan Tammy Abraham itu berdiri bebas di kotak penalti setelah tembakan rekannya membentur pemain belakang Ajax. Sayang, bola melambung jauh di atas gawang Andre Onana.

Christian Pulisic lagi-lagi melakukan tusukan berbahaya yang diakhiri dengan tembakan mendatar pada menit 81. Kembali, peluang tersebut gagal karena bola bergulir menyamping dari sasaran. Kebuntuan akhirnya pecah pada menit 86 berkat gol Michy Batshuayi. Pemain berjuluk Batman itu sukses memanfaatkan umpan tarik Christian Pulisic untuk merobek jala gawang tuan rumah.

Erik ten Hag sempat memasukkan dua penyerang usai gol tersebut demi mengamankan satu poin. Sayang, tidak ada gol tercipta hingga peluit panjang berbunyi. Skor 1-0 untuk kemenangan Chelsea di Amsterdam. (dp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *