Mudik 2017, Jumlah Penumpang Pesawat Naik Delapan Persen

BERITELIVE-PAKAM – Jumlah penumpang pesawat pada musim mudik Lebaran tahun 2017 di Bandara Kualanamu mengalami peningkatan yang cukup drastis dibanding tahun sebelumnya. Ganeral Manager Bandara Kualanamu, Arif Darmawan mengatakan tahun ini ada peningkatan sebesar 8,49 persen dibanding tahun 2016. Disebut kalau peningkatan juga berdampak kepada kenaikan jumlah pesawat.

” Tahun ini jumlah penumpangnya mencapai 605.179. Kalau tahun lalu hanya 557.804 penumpang jadi memang drastis. Total jumlah pesawat pada angkutan lebaran tahun 2017 juga mengalami kenaikan 10,75 persen. Jika ditahun lalu jumlahnya mencapai 3.991 pesawat ditahun ini jumlahnya mencapai 4.420 pesawat,” ujar Arif Darmawan dalam konferensi pers di ruang media center Bandara Kualanamu Rabu, (5/7/).

Arif mengatakan, pada musim mudik Lebaran ini PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu melaksanakan posko terpadu angkutan lebaran tahun 2017 di area kedatangan bandara selama 19 hari. Waktunya dimulai dari tanggal 15 Juni hingga 4 Juli 2017. Disebut kalau kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan yang prima kepada para pengguna jasa bandara.

“Pada angkutan Lebaran tahun ini mulai dari tanggal 15 Juni hingga 3 Juli terdapat penambahan 169 extra flight. Untuk penerbangan domestik ada 119 penerbangan sedangkan untuk internasional ada 50 penerbangan. Maskapainya paling banyak mengajukan extra flight Citylink dan Lion Air. Kalau Garuda mereka memakai pesawat yang lebih besar,” kata Arif.

Berdasarkan data yang ada disebut kalau penerbangan paling banyak pada musim lebaran ini menuju bandara Soekarno Hatta Jakarta. Sementara itu untuk yang Internasional paling banyak ke Kuala Lumpur. Atas kondisi keamanan yang sangat baik dan kelancaran pelayanan Arif pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suasana mudik lebaran ini seperti kepada TNI, Polri dan masyarakat.

jm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *