Normalkah Jika Ada Bulu Halus Di Area Puting?

BERITA LIVE – Beberapa wanita mungkin sedang merasa cemas karena menemukan rambut-rambut halus tumbuh di sekitar puting payudara. Apakah ini normal atau indikasi gangguan kesehatan?

Menurut ginekolog asal New York, Amerika Serikat Alyssa Dweck para wanita tak perlu cemas karena bulu halus di sekitar puting termasuk normal.

Di dunia ini ada beberapa wanita tidak dengan bulu-bulu halus di sekitar puting, sedangkan sebagian lain ada. Kemungkinan besar rambut halus yang Anda anggap sebagai “rambut puting” yang tumbuh di areola sebenarnya berasal dari gumpalan kulit lunak di sekitar puting.

“Di areola (daerah gelap di sekitar puting payudara), ada kelenjar kecil, yang disebut kelenjar Montgomery. Kelenjar ini mengeluarkan bahan sebasea–kelenjar mikroskopis yang terletak di bawah kulit–yang dimaksudkan melumasi dan menjaga kulit tetap lembab di sekitar puting,” kata Dweck, dikutip dari Cosmopolitan, Rabu (8/5/2018).

Adanya kelenjar Montgomery dapat membuat puting payudara sehat untuk menyusui. Terkadang kelenjar tersebut juga menghasilkan sedikit rambut. Hal itu terbilang normal.

Waspada jika…

Bulu-bulu halus pada puting payudara memang normal. Namun, Dweck memperingatkan, bila mendadak tumbuh banyak rambut pada puting dapat menjadi tanda ketidakseimbangan hormon.

“Kadar testosteron yang tinggi pada dimiliki pada wanita dapat membuat pertumbuhan rambut meningkat. Rambut halus tumbuh di area bagian tubuh yang tidak biasa, termasuk dada dan puting,” ujar Dweck.

Pertumbuhan rambut halus yang tiba-tiba harus dibicarakan dengan dokter. Apalagi kalau rambut halus tumbuh lebat pada area bibir atas atau dagu.

Kondisi ini menjadi tanda hirsutisme (pertumbuhan rambut “laki-laki” mendadak pada wanita). Gejala hirsutisme biasanya terkait dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS)–gangguan keseimbangan kadar hormonal.

Jika Anda ingin menghilangkan rambut halus, Dweck punya beberapa saran tentang cara melakukannya dengan aman.

“Beberapa wanita tidak keberatan ada rambut halus pada puting. Mereka bahkan tidak menyadarinya, tapi beberapa wanita terganggu. Bila rambut halus hanya sedikit, mencabut adalah cara paling umum untuk menghilangkannya. Pastikan Anda menggunakan alat bersih seperti penjepit. Jangan mencabut tanpa menggunakan penjepit,” kata Dweck .

Jika area puting tersebut menjadi merah, bengkak atau nyeri setelah dicabut, terlebih lagi tidak sembuh dalam satu atau dua hari. Dweck menyarankan menemui dokter untuk diperiksa. [KS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *