Pak Jokowi sumbang sapi seberat 1,1 ton di Kota Banjarmasin

 

BERITA LIVE – Presiden Joko Widodo menyumbang satu ekor sapi seberat 1,1 ton sebagai hewan kurban bagi masyarakat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Nantinya sapi tersebut akan disembelih sehari setelah Idul Adha 1438 Hijriah, Sabtu (2/9).

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi mengatakan, sapi jenis Limousin jantan berusia sekitar 3 tahun itu dibeli langsung oleh sekretaris presiden.

“Mereka datang langsung dan memilih sapinya. Kami hanya mengarahkan lokasi peternak dan seluruh biaya termasuk penyembelihan serta transportasi dibayar sekretaris presiden,” katanya Kamis (31/8).

Seperti dilansir dari Antara, dia mengungkapkan, sapi kurban bantuan kepala negara itu diserahkan kepada pengelola Masjid Jami Banjarmasin yang akan menyelenggarakan penyembelihan sekaligus membagikan ke masyarakat.

“Kamis siang ini, sapinya diserahkan kepada pengelola Masjid Jami dan teknis penyembelihan maupun pembagian kepada masyarakat diserahkan kepada panitia masjid,” ungkapnya.

Suparmi menceritakan, sebelumnya ada tiga sapi sejenis yang ditawarkan dengan bobot berbeda yakni 900 kilogram, 1 ton atau 1.000 kilogram dan yang paling besar seberat 1,1 ton.

Pilihan akhirnya jatuh pada sapi yang bobotnya paling berat sehingga diminta untuk dipelihara oleh peternak di Jalan Kurnia Banjarbaru selama 1,5 bulan sebelumnya.

“Sapi yang dipilih paling besar dan paling berat, mungkin jika ada yang lebih besar lagi, sapi itu yang dipilih sehingga dagingnya bisa lebih banyak dibagikan kepada masyarakat,” ungkap Suparmi.

Menurut dia, pihaknya sudah memeriksa kesehatan sapi warna coklat berbobot di atas 1.000 kilogram itu dan kondisi kesehatan maupun fisiknya baik sehingga layak disembelih.

“Kami sudah mengecek kesehatan sapinya melalui laboratorium dan hasilnya sudah memenuhi syarat baik kesehatan maupun kelayakan dijadikan hewan kurban,” tutupnya. {le}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *