Pasca kapal tenggelam, 8 ABK selamat asal Bima kini dipulangkan


BERITALIVE
– 
Setelah mendapat perawatan dan pemeriksaan delapan ABK kapal KM Cahaya Nirmala II yang mengangkut kayu rute Surabaya-Bima yang selamat dari insiden tenggelamnya kapal di perairan Celukan Bawang, kini mereka dipulangkan, Selasa (12/9).

Mereka diberangkatkan dari KSOP Celukan Bawang menuju ke BPBD Buleleng, sebelum dibawa ke BPBD Provinsi Bali dan dipulangkan oleh Dinsos Provinsi Bali.

Kedelapan orang ABK yang selamat, kini masih dalam proses pemulangan diantaranya, kapten kapal Ibrahim (55) asal Bima, Rusdam (37) asal Flores, Iwan (37) asal Bima, Hasanudin (53) asal Bima, Brunei (24) asal Bima, Edison (36) asal Bima, an Wahyudin (21) asal Bima, dan Mochtar, (55) asal Bima.

Mereka kini dipulangkan, setelah mendapatkan pemeriksaan medis dan istirahat di pos Celukan Bawang. Wajah mereka pun tampak sumringah, saat akan menaiki mobil BPBD Buleleng untuk proses pemulangan ke wilayah asal mereka masing-masing.

Kapolsek Kawasan Laut Celukan Bawang, AKP Ketut Wisnaya mengatakan, kedelapan ABK yang selamat dari insiden kecelakaan kapal di perairan laut Celukan Bawang sudah dipulangkan sesuai mekanisme yang ada.

“Tadi, sekitar pukul 11.45 WITA, 8 ABK KM Cahaya Nirmala II sudah dipulangkan. Mereka tadi sebelumnya berkumpul di Kantor KSOP Celukan Bawang,” ujarnya di kantornya, Selasa (12/9).

Proses pemulangan kedelapan ABK itu disaksikan langsung oleh Kepala KSOP Celukan Bawang, Ketut Aryadana, Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Buleleng Nyoman Darma Kurniawan, dan juga Anggota Basarnas Buleleng.

“Sebelum diberangkatkan, kami telah memberikan pengarahan kepada mereka, bahwa kejadian ini murni tidak disengaja dan merupakan kecelakaan,” jelas Wisnaya.

Menurut rencana, kedelapan ABK ini akan terlebih dahulu dibawa ke kantor BPBD Buleleng untuk diberikan bekal berupa pangan.

Setelah 2 jam di kantor BPBD Buleleng, mereka akan di bawa ke BPBD Provinsi Bali dan kemudian dibawa ke Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bali.

“Nanti, dari Dinsos Provinsi Bali akan langsung mengantar mereka ke daerahnya masing-masing di Bima,” kata Wisnaya.

Sementara Kepala KSOP Celukan Bawang, Aryadana meminta, agar para ABK kapal termasuk nahkoda bisa memperhatikan kondisi cuaca di tengah laut saat berlayar ke depannya nanti. Sehingga, kejadian kecelakaan kapal di tengah laut, tidak terulang lagi.

“Kami harap, semua bisa memperhatikan kondisi cuaca. Nah, untuk yang ini semoga semua ABK bisa selamat sampai ditujuan dan kembali berkumpul dengan keluarga,” pungkas Aryadana.

Sebelumnya diberitakan sebuah kapal barang KM Cahaya Nirmala II yang mengangkut kayu rute Surabaya-Bima dan membawa 8 ABK dengan kapten kapal bernama Ibrahim, tenggelam di perairan laut Celukan Bawang pada koordinat 8° 2.872’S – 114° 51.308’E, di Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, pada Senin (11/9) dini hari.

8 ABK selamat dalam insiden ini, tapi bangkai kapal yang hancur masih belum ditemukan. (hn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *