Pegal Pegan Saat Bangun Tidur? Ini Dia 7 Penyebabnya!

image_title

BERITALIVE-Bangun tidur bukannya bikin badan segar, tapi justru loyo dan badan terasa pegal-pegal. Kondisi ini seringkali membuat orang merasa bingung hingga akhirnya menebak-nebak apa penyebabnya. Bahkan bagi yang kurang sabar, mereka akan mencari jalan pintas dengan minum jamu atau obat yang bisa menghilangkan pegal-pegal di badannya.

Jika Anda sering mengalami hal tersebut, baiknya jangan buru-buru minum jamu atau obat-obatan, karena bisa jadi pegal-pegal yang Anda alami disebabkan oleh tujuh hal sepele, di antaranya sebagai berikut.

1.  Salah posisi tidur

Salah posisi tidur menjadi penyebab utama badan pegal-pegal setelah bangun tidur. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, pastikan tidur dengan posisi yang tepat dan menyehatkan, yakni miring ke kanan.  Posisi ini membuat organ tubuh bisa bekerja optimal sehingga ketika bangun badan jadi segar.

2.  Tempat tidur yang kurang nyaman

Tempat tidur yang kurang nyaman juga bisa menjadi penyebab badan pegal-pegal saat bangun tidur, karena itu pastikan tidur di tempat yang nyaman.

3.  BerGadget ria sebelum tidur

Kebanyakan orang akan tertidur setelah capek mengutak-atik gadgetnya, padahal kebiasaan ini bisa jadi merupakan penyebab badan pegal-pegal saat bangun tidur. Kenapa bisa begitu? Karena cahaya dari gadget dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda.

4.  Bantal yang kurang menopang

Penyebab lainnya adalah bantal yang kurang menopang dengan baik, sehingga sewaktu bangun tidur leher atau punggung menjadi sakit/nyeri.

5.  Suhu kamar

Suhu kamar yang terlalu dingin atau terlalu panas juga bisa jadi menjadi penyebab badan pegal-pegal setelah bangun tidur. Karenanya, pastikan atur suhu yang tepat sebelum tidur ya!

6.  Tidur tidak berkualitas

Waktu tidur cukup tapi tidak berkualitas juga bisa menjadi penyebab seseorang merasa pegal-pegal saat bangun tidur. Oleh karena itu, pastikan antisipasi penyebabnya, diantaranya : matikan lampu kamar, matikan gadget, hindari stress, hindari lapar, dan lainnya.

7. Masalah kesehatan

Jika semua masalah diatas sudah diatasi, namun pegal-pegal tak juga hilang, maka cobalah untuk kenali kemungkinan ada gejala serius lainnya yang menyertai. Jika ya, cobalah konsultasikan ke dokter karena bisa jadi Anda mengalami masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan serius.
Nah, setelah mengetahui beberapa penyebabnya diatas, pastinya Anda tidak akan menebak-nebak lagi, apalagi sampai memaksakan diri minum obat yang seharusnya tidak perlu. Semoga bermanfaat yaa!
RW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *