Penanganan Pertama Saat Tersiram Air Panas !

BERITA LIVE-

Salah satu luka yang paling sering ditemukan dan susah untuk disembuhkan ialah lukar bakar yang biasanya terbentuk karena sel-sel kulit mengalami kerusakan akibat terpapar benda panas, listrik, atau bahan kimia.

Bukan cuma air panas, luka bakar bisa terjadi ketika kulit kita terkena zat panas lainnya. Misalnya api atau aliran listrik. Namun anda tidak perlu khwatir karena hanya dengan menggunakan bahan alami ini akan sangat membantu anda didalam memudarkan bekas luka.

Yang Harus Dilakukan Jika Tersiram Air Panas

1. Siram dengan Air

Jika tersiram air panas, tetap tenang dan jangan panik, ya. Segera menuju kamar mandi atau keran air yang terdekat. Kemudian, siram bagian kulit yang terkena dengan air mengalir. Air mengalir ini sumbernya bisa bersumber dari keran air maupun air yang diguyur menggunakan gayung. Tujuannya ialah agar luka tidak mengikuti suhu tubuh kita yang tinggi. Sehingga panas tidak menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

2. Lepaskan Pakaian yang Menempel

Dibagian manakah bagian yang terkena siraman air panas? Setelah menyiram bagian yang tersiram air panas dengan air biasa, lepaskan pakaian di atasnya dengan perlahan. Melepaskan pakaian di area tersebut gunanya mencegah pakaian menempel pada luka.

3. Oleskan Salep

Pengobatan pada luka bakar tergantung pada separah apa jenis lukanya. Namun untuk mencegah kulit jadi melepuh, kita bisa mengoleskan salep khusus untuk luka bakar. Perhatikan! Jangan pernah menggunakan pasta gigi dibagian tubuh yang terkena siraman air panas yang bisa menyumbat cairan yang akan keluar dari tubuh. Sehingga proses penyembuhan jadi terhambat.

Bahan Alami untuk Memudarkan Bekas Luka Tersiram Air Panas

Jika bagian kulit yang tersiram air panas meninggalkan bekas, ada bahan alami yang bisa kita gunakan untuk memudarkannya.

1. Madu

Madu memiliki sejumlah manfaat yang begitu banyaknya,
Oiya, jangan mengoleskan pasta gigi di bagian tubuh yang tersiram air panas, ya.

Pasta gigi bisa menyumbat cairan yang akan keluar dari tubuh. Sehingga proses penyembuhan jadi terhambat.

Bahan Alami untuk Memudarkan Bekas Luka Tersiram Air Panas

Jika bagian kulit yang tersiram air panas meninggalkan bekas, ada bahan alami yang bisa kita gunakan untuk memudarkannya.

1. Madu

Madu memang punya banyak manfaat, ya?

Madu memiliki sifat anti peradangan dan antibakter yang mana bisa membersihkan area yang luka dan Kemudian ada penelitian yang menemukan kalau madu bisa menyembuhkan, mengurangi rasa sakit, dan menyamarkan bekas luka.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya telah memiliki manfaat selama ribuan tahun yang lalu dan juga bisa digunakan sebagai alat pertolongan pertama saat terbakar, lidah buaya bisa membantu penyembuhan luka.

Lidah buaya punya sifat antijamur dan antibakteri. Lidah buaya menjaga luka tetap bersih.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung serat glucomannan. Serat ini bisa merangsang faktor pertumbuhan kolagen di kulit.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *