Pengamanan Jokowi di Pilpres 2019 Dipegang Langsung Paspampres

BERITA LIVE – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjadi calon presiden di Pilpres 2019 setelah ditetapkan KPU hari ini. Berbeda dengan capres dan cawapres lain yang pengamanannya dipegang Polri, pengamanan Jokowi masih dipegang langsung oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Presiden tetap berlaku dari Paspampres yang akan melaksanakan kegiatan pengamanan. Kecuali yang dimaksud dalam aturan-aturan bahwa kegiatan tidak boleh menggunakan fasilitas negara,” kata Wakapolri Komjen Ari Dono,di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Sementara itu, untuk capres-cawapres Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Ma’ruf Amin, nantinya ada 37 personel kepolisian yang melakukan pengamanan 1×24 jam. Sebelumnya, Polri telah menyeleksi anggotanya dan telah terpilih sebanyak 452 personel. Mereka akan bergantian melakukan pengamanan.

“Telah ditetapkan ada sebanyak 452 personel yang nantinya mengawaki pengamanan capres-cawapres inti. Dan 3 calon akan melekat itu sebanyak 37 orang,” ujarnya.

“Ini yang nantinya kita siapkan pengamanan kepada para calon 1×24 jam melekat. Itu untuk kegiatan untuk di Jabodetabek,” lanjutnya.

Sedangkan untuk kegiatan di luar Jabodetabek, Ari menyebut polda di daerah juga sudah siap melakukan pengamanan saat kunjungan capres-cawapres.

(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *