Pengguna Media Sosial Bisa Sebabkan Masalah Mental pada Anak Dan Remaja

BERITA LIVE –  Media sosial telah lama diketahui bisa menyebabkan masalah bagi seseorang/ Beragam dampak mulai gangguan psikologi hingga masalah fisik bisa terjadi ketika kami terlalu banyak bermain di media sosial.

 

Sebuah penelitian yang terbaru mengungkap bahwa ternyata terdapat bahaya lebih baik dari para pengguna media sosial dibanding yang selama ini diketahui. DIlansir dari Medical Daily, penelitian menyebutkan  bahwa keberadaan remaja  daring ( online) bisa membuat mereka terpajar sejumlah faktor yang bisa secara signifikan mempengaruhi kesehatan.

 

Hasil dari sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada sebuah jurnal Tha Lancet Child$ Adolescent Health. Yang diketahui bahwa media sosial yang menyakiti pola tidur seseorang, aktivitas fisik, serta meningkatkan sebuah paparan mereka terhadap bullying.

 

Masalah yang telah muncul pada pengguna media sosial ini yang akan dilakukan cukup sering bisa menyebabkan masalah mental. Bullying yang diamali oleh anak dan remaja yang ada didunia maya ini juga bisa berdanpak pada kesehatan mental mereka.

 

” Hasil temuan kami yang menyatakan bahwa media sosial sendiri sesungguhnya tidak menyebabkan aktifitas masalah. Namun para penggunanya secara sering bisa mengganu aktivitas yang memiliki dampak positif pada kesehatan mental seperti tidur dan berolaraga. Selain itu, hal ini juga meningkatkan paparan anak mudah pada sbeuah konten yang berbahaya, terutama pengalaman yang negatif dari bullying di dunia siber’ Ungkap Russel Viner, penelitian dari UCL Great Ormond Strees Institute OF Child Health.

 

Penelitian telah menganalisi data sekitar 10.000 anak dengan usia antara 13 hingga 16 tahun di Inggris. Penelitian mewawancarai partisipan mulai tahun 2014 hingga 2015 dan menanyai mereka mengenai sebuah keputusan  hidup, kebahagiaan, kecemasan dan media sosial, meliputi Facebook, Instagram, Whasaap, Twiter dan SnapChat.

 

DIketahui bahwa dibanding dengan anak laki-laki, anak perempuan cenderung menalami efek buruk dari pengguna media sosial terhadap kesehatan mental. Penelitian yang menggungkap bahwa anak perempuan yang mengalami tekanan psikologi muncul karena kualitas tidur yang sangat buruk tingginya sebuah paparan bullying di dunia maya.

 

Semakin lama waktu yang dihabiskan di media sosial, semakin besar tekanan yang mereka alami. Pada anak laki-laki, kesehatan mental mereka sangat cenderung lebih sedikit mengalami sebuah dampak ini.

 

Hasil dari sebuah penelitian ini yang mengunkap berbagai macam hal yang perlu di[ahami dari sebuah masalah di media sosoal. perlu dipikirkan bagiamana anak dan remaja ini mengatasi dampak bullying dunia maua. Selain itu penging juga untuk meningkatkan kualitas tidur dan mendorong mereka untuk aktif secara fisik.

 

Sejumlah pembaruan ini yang mungkin mengurangi dampak fisik dan psikologi dari media sosial, Jika sejumlah dampak negatif ini yang mampu diatasim maka dampak positif media sosial bagi perkembangan dan kesehatan mental anak mungkin muncul. {le}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *