Penjelasan Kenapa Kamu Masih Bisa Kaget meski Sedang Tidur

BERITA LIVE – Baru saja tertidur, tapi kemudian kamu merasa seakan-akan tubuhmu jatuh, hingga kaget dan tersentak bangun dari lelap? Sebagian dari kita pasti pernah mengalami hal seperti ini. Ada yang tak begitu peduli, tapi ada pula yang merasa benar-benar terganggu dengan kejadian ini. Apakah kamu salah satunya yang terganggu? Sebenarnya apa sih yang terjadi? IDN Times punya jawabannya!

Ternyata, ini adalah hal yang normal terjadi dan disebut dengan hypnic jump

Hasil gambar untuk kaget tidur
Proses hypnic jump ini terjadi karena adanya transisi dari otak yang memengaruhi dua sistem tubuh. Transisi tersebut adalah dari fase bangun menjadi tidur. Terjadinya hypnic jump disebabkan oleh usaha terakhir dari sistem motorik siang hari atas kontrol tubuh saat akan memasuki alam mimpi sehingga membuat tubuh tersentak ketika ingin tidur.

Berbagai hal memicu gangguan tidur ini

Hasil gambar untuk kaget tidur
Hypnic jerk bisa muncul karena beberapa faktor pemicu, yaitu asupan kafein dan alkohol, pekerjaan fisik yang intens sebelum tidur, tidur di tempat yang kurang nyaman, kelelahan, serta stres secara emosional. Selain faktor tersebut, gangguan tidur, kondisi medis, penggunaan obat dan gangguan mental juga dapat menyebabkan terjadinya hypnic jump.

Relaksasi otot dan otak menjadi penyebab dari hypnic jump

Hasil gambar untuk kaget tidur
Setidaknya ada dua hal yang disebut-sebut dapat menyebabkan hypnic jump, yaitu relaksasi otot dan relaksasi otak. Ketika tidur, napas dan detak jantung akan melambat. Relaksasi otot inilah yang menyebabkan terjadinya hypnic jump. Selain itu, ketika tertidur otak kadang jadi bingung dan berpikir bahwa kamu terjatuh. Otak akan mengirimkan sinyal ke lengan dan kaki agar pindah ke posisi tegak, sehingga menimbulkan sensasi tersentak.

Kamu dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya hypnic jump

Hasil gambar untuk kaget tidur
Ada berbagai cara yang setidaknya dapat menimimalisir terjadinya hypnic jump. Kamu bisa menghindari konsumsi kafein dan alkohol beberapa saat sebelum tidur. Selain itu, kelelahan dan stres yang dapat menyebabkan terjadinya hypnic jump harus kamu hindari.

Jadi sudah tidak cemas dan bingung lagi kan kenapa kalian sering kaget sehingga terbangun di malam hari? Sekarang bisa lebih tenang deh. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *