Penyebab Kaki Sering Terjadi Kesemutan

Penyebab Kaki Sering Terjadi Kesemutan

Berita Live – Kaki kesemutan merupakan sebuah hal yang bisa dialami oleh seseorang akibat sejumlah penyebab. Masalah ini biasanya terjadi karena posisi kaki yang tidak tepat ketika duduk.

Bekerja di rumah biasanya membuat kita tidak hanya duduk di kursi saja namun kadang juga bersila di lantai. Kondisi ini tidak ideal dan bisa menyebabkan masalah berupa kaki kesemutan.

Terjadinya kaki kesemutan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Kesemutan yang terjadi ini juga tak jarang menyebabkan mati rasa yang membuat kamu kesulitan berjalan untuk sementara waktu.

Kaki kesemutan ini biasanya disebabkan karena gangguan saraf di bagian yang mentranmisikan gerakan dengan info sensoris ke seluruh tubuh. Adanya masalah pada bagian ini bisa berujung pada terjadinya masalah berupa kaki kesemutan ini.

Secara umum, kesemutan ini merupakan hal normal yang bisa dialami oleh siapa saja. Dilansir dari Men’s Health, berikut sejumlah penyebab terjadinya masalah berupa kaki kesemutan ini.

Sepatu yang Terlalu Ketat

Ini Enam Penyakit Akibat Memakai Sepatu Terlalu Sempit - HiMedik.com
Penggunaan sepatu yang terlalu ketat bisa menjadi penyebab terjadinya masalah berupa kesemutan pada kaki ini. Hal ini biasanya lebih rentan terjadi pada penggunaan sepatu kerja.

Tekanan pada saraf ini bisa menyebabkan munculnya kesemutan dan mati rasa. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu ketat atau kamu juga bisa melonggarkan tali sepatu terutama di bagian paling atas.

Bunion
Bunions - Foot And Ankle

Benjolan tulang di dekat jempol kaki atau bunion bisa menyebabkan terjadinya masalah ini juga. Ketika terjadi bunion, saraf di kaki mengalami tekanan sehingga terjadinya hal ini.

Kondisi kesemutan akibat bunion bakal semakin parah terutama ketika menggunakan sepatu yang tidak tepat. Masalah kesemutan ini bisa diselesaikan dengan cara melakukan operasi bunion atau menggunakan alas kaki yang tidak menekan langsung ke bagian tersebut.

Hernia
Laparoscopic Incisional Hernia Repair - Dr Anastasios Christ

Bagi seseorang yang kerap mengangkat beban berat, ketika rasa kesemutan muncul di kaki saat mengangkat bebabn, hal ini bisa disebabkan masalah hernia. Ketika masalah ini terjadi saraf yang menghubungkan kaki dengan tulang punggung mengalami masalah sehingga sering muncul rasa kesemutan.

Jika hal ini merupakan penyebab terjadinya kesemutan di kaki, kamu mungkin juga mengalami rasa sait di pungung bagian bawah yang disertai kondisi lemah di kaki, sendi, serta telapak kaki. Pindaian menggunakan x-ray atau MRI bisa mengetahui terjadinya masalah ini.

Terjadinya Iritasi Saraf
7 Penyebab Kaki Kesemutan, Mulai dari Sepatu Hingga Masalah Saraf

Kesemutan dan bahkan rasa sakit pada satu atau dua jari kaki bisa disebabkan oleh neuroma atau iritasi saraf. Hal ini bisa menyebabkan rasa mengganjal di kaki ketika berjalan yang terasa seperti adanya bantalan.

Hal ini bisa disebabkan oleh olahraga dengan tekanan tinggi atau penggunaan sepatu yang terlalu ketat. Ketika masalah yang terjadi ini sudah terlalu parah, kamu harus melakukan operasi untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *