Penyebab Rem Depan Keras dan Cara Memperbaikinya

BERITALIVE – Seperti diketahui fitur rem adalah salah satu komponen penting dalam kendraan. Fungsinya mutlak digunakan yakni untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik saat melewati jalan menurun atau yang lain. Kondisi rem harus tetap prima karena ini menyangkut keselamatan pengendara atau lainnya.

Bila tak melakukan perawatan berkala bisa jadi rem fungsinya tidak maksimal dan masalah yang kerap terjadi adalah rem tidak pakem karena kampas rem sudah menipis. Penyebab rem tidak pakem lainya juga bisa disebabkan terdapatnya gelembung udara dalam sistem.

Jika ini yang terjadi solusinya cukup dilakukan bleeding saja. Namun bila rem mengalami keras sehingga sulit untuk dicengkram, pada umumnya adalah master rem yakni pada pistonya. Kerasnya rem biasanya karena piston rem pada master kotor atau rusak. Solusinya adalah dibongkar dan dibersihkan atau diganti dengan yang baru.

Hal ini bisa dilakukan perbaikan sendiri dengan beberapa langkah yaitu dengan membuka tuas rem terlebih dahulu, lalu lepaskan tutup master atas. Setelah itu lepaskan klem pengunci piston rem, lalu tarik keluar piston.

Setelah hal diatas dilakukan bersihkan dengan udara bertekanan dan setelah bersih, pasang kembali dan tambahkan minyak rem. Perlu diingat, minyak rem tersebut jangan sampai mengenai cat motor karena bisa merusak.

Untuk itu agar lebih aman, kamu bisa melepas master rem terlebih dahulu dari dudukanya. Sebelum memasang kembali cek dulu kondisi piston dan karetnya. Jika sudah rusak silahkan ganti dengan yang baru. Harganya juga cukup murah yakni sekitar Rp60 ribuan. Bila Anda tak merasa yakin untuk memperbaiki sendiri, bawa saja ke bengkel terdekat. (WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *