Perhatikan! 5 Kondisi Kaki Ini Bisa Prediksi Masalah Kesehatanmu

Pernahkah tiba-tiba kamu menemukan kakimu membiru atau terlihat ruam-ruam pada kulit kaki? Jangan anggap remeh, masalah pada kaki ini bisa mengindikasi gangguan kesehatan yang bisa saja menyerangmu.

Saat tubuh terserang penyakit, kadang kala hal ini mempengaruhi kaki. Penyakit seperti jantung hingga diabetes yang menyebabkan masalah pada pembuluh darah, biasanya dapat kamu amati dengan mengamati gangguan kaki.

Melansir Brightside.com, berikut BERITA LIVE telah merangkum 5 gangguan kaki yang tidak boleh kamu abaikan untuk membantum memprediksi masalah kesehatan.

1. Memar disekujur kaki

1. Memar disekujur kaki

Memar bisa ditimbulkan jika kamu menghantam benda keras, namun jika memar yang terjadi pada kakimu datang secara tiba-tiba itu perlu diwaspadai.

Bintik-bintik biru yang timbul di sekitar tubuh bisa mengindikasi adanya masalah pada hati, penyakit autoimun, peradangan pembuluh darah hingga gangguan pendarahan.

Menurut Medical News Today, penyebab aliran darah tersumbat yang memicu kaki membiru bisa terjadi karena penyakit Raynaud, PAD, lupus, diabetes dan radang dingin. Sebaiknya, periksa ke dokter agar tidak terjadi penyakit yang tidak diinginkan.

2. Varises di kaki

2. Varises kaki

Varises merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang selama kehamilan atau obesitas. Bentangan kebiru-biruan yang biasanya muncul di sekitar kulit paha dan kaki kadang menyakitkan.

Seringkali disertai dengan bercak kapiler vena yang disebut Spider Veins. Menurut WebMd, pada penderita varises, katup tidak berfungsi sehingga menyebabkan darah menumpuk di vena.

Penumpukan ini menyebabkan vena membengkak dan memuntir. Meskipun varises tidak berbahaya, tetapi penyakit ini bisa menimbulkan pembengkakan dan rasa sakit.

3. Pembengkakkan kaki akibat penyumbatan

3. Pembengkakkan kaki akibat penyumbatan

Jika kamu mengalami pembengkakan kaki yang tiba-tiba, maka kamu perlu mencurigai masalah kesehatanmu. Selain disebabkan oleh berdiri terlalu lama, kondisi ini menunjukkan gejala lain. Hal ini lebih sering terjadi di daerah lengan, kaki, dan pergelangan kaki.

Prediksi pertama dikaitkan dengan penyakit jantung. Kondisi ini terjadi ketika vena mengalami penyumbatan, sehingga darah menumpuk di kaki.

Menurut Healthline, orang yang memiliki kelebihan berat badan rentan terkena masalah sirkulasi darah yang memicu penumpukan cairan di kaki, tungkai dan pergelangan kaki.

Selain itu, ini dapat dikaitkan juga dengan masalah pada sistem limfatik dan hati yang bisa saja mengalami penyumbatan.

4. Benjolan pada kaki

4. Benjolan kaki

Ketika tubuhmu merasakan nyeri akibat benjolan yang tumbuh secara tiba-tiba di sekitar kaki, baiknya kamu tidak boleh mengabaikannya. Benjolan pada kaki yang berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari mengindikasi adanya bakteri yang menginfeksi jantung.

Menurut Mayoclinic, bakteri yang masuk ke jantung melalui aliran darah ini bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki. Tidak perlu melakukan pembedahan, kamu hanya memerlukan antibiotik untuk memerangi bakteri tersebut.

5. Sindrom kaki biru penyebab pembuluh darah tersumbat

5. Sindrom kaki biru penyebab pembuluh darah tersumbat

Ketika cuaca dingin, mungkin warna kulit yang pucat dan membiru dianggap hal yang wajar. Tetapi pada kondisi yang tidak terlalu dingin dan suhu normal, perlu dicurigai jika kakimu tiba-tiba membiru.Keadaan ini bisa mengindikasi bahwa kamu terserang sindrom kaki biru atau syndrome toe blue.

Menurut European Society of Cardology, sindrom kaki biru adalah salah satu manifestasi iskemia jaringan yang sering terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *