Pinangki Yang Ajak Andi Irfan Ke Kuala Lumpur Untuk Yakinkan Djoko Tjandra Mengenai Fatwa MA


Berita Live– Bandung
– Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Febrie Adriansyah menjelaskan bahwa jaksa Pinangki Sirna Malasari ke Kuala Lumpur, Malaysia bertemu Djoko Tjandra untuk membicarakan pengurusan fatwa MA. Untuk memuluskan niatnya, Pinangki turut mengajak Andi Irfan Jaya bertemu buron 11 tahun itu.
“Yang jelas Andi Irfan itu yang bawa Pinangki ke Kuala Lumpur untuk menemui Djoko Tjandra. Mengenai peran dia yang jelas bersama-sama Pinangki bagaimana meyakinkan Djoko Tjandra untuk percaya,” kata Febrie Adriansyah kepada wartawan di Gedung Bundar, Jl. Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (3/9/2020).

Febri menyebut motif Pinangki turut mengajak kawannya ke Malaysia untuk meyakinkan Djoko Tjandra terhadap rencananya. Selanjutnya, diketahui bahwa terpidana kasus Cessie Bank Bali itu sempat menyetujui rencana ini dengan memberikan Pinangki uang muka sebesar USD 500 ribu melalui perantara.

“Andi Irfannya karena kawan Pinangki sehingga dibawa untuk membantu meyakinkan Djoko Tjandra,” jelasnya.

Kejaksaan Agung menjerat jaksa Pinangki Sirna Malasari, Djoko Tjandra, dan Andi Irfan Jaya dengan pasal pemufakatan jahat. Andi diduga sebagai perantara dalam kasus suap terkait pengurusan fatwa MA.

Ketiganya dikenai Pasal 15 UU Tindak Pidana Korupsi tentang pemufakatan jahat. Berikut ini bunyi Pasal 15 tersebut:

Pasal 15

Setiap orang yang melakukan percobaan, pembantuan, atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana korupsi, dipidana dengan pidana yang sama sebagaimana dimaksud Pasal 2, Pasal 3, Pasal 5 sampai dengan Pasal 14.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *