Posisi Tidur yang Tepat Dilakukan ketika Kamu Tengah Sakit

BERITA LIVE-

Ketika kamu tengah sakit, tidur merupakan hal yang penting untuk membantumu pulih lebih cepat. Walau begitu kadang ketika tubuhmu sakit, tidur bisa jadi sangat sulit untuk dilakukan.

Untuk mendapat istirahat dengan lebih baik, perlu ada penyesuaian yang kamu lakukan. Hal ini bisa membantu meringankan masalahmu serta membantumu untuk sembuh lebih cepat.

Salah satu penyesuaian yang bisa kamu lakukan adalah pada posisi tidur yang disesuaikan dengan masalah kesehatanmu. Dilansir dari BERITA LIVE, berikut sejumlah posisi tidur yang tepat dilakukan ketika kamu sedang sakit.

Tidur Miring ke Kiri ketika Sakit Perut

Penelitian menunjukkan bahwa tidur miring ke kiri bisa membantu meringankan rasa mual dan sakit perut.

“Salah satu hipotesis mengungkap bahwa tidur miring ke kanan melemaskan sfingter esofagus bawah antara perut dan esofagus,” terang tulisan tersebut.

“Hipotesis lain mengungkan bahwa tidur miring ke kiri menjaga persimpangan antara perut dan esofagus di atas tingkat asam lambung,” sambungnya.

Tidur dengan Posisi Kepala Tinggi ketika Demam atau Flu

Menurut BERITA LIVE, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dibanding tubuh bisa membuatmu bernapas lebih mudah saat tidur.

“Kamu lebih rentan mengalami penyumbatan pada sinus ketika kamu tidur dibanding ketika berdiri karena terjadi peningkatan tekanan pada pembuluh darah di hidung ketika tiduran,” terang Dr. Ron Eccles, direktur di Common Cold Centre, Cardiff University.

Tidur Miring dengan Kepala Tinggi ketika Mengalami Flu Perut

Ketika kamu kerap muntah, posisi tidur ini bisa jadi sangat aman. hal ini bisa membuatmu bebas dari risiko tersedak saat muntah ketika tertidur. Ketika kamu benar-benar sakit, sediakan ember di sampung kasur dan tidur miring bisa membantu kamu muntah dengan lebih mudah.

Tidur Miring saat Hamil

Ketika hamil, posisi tidur paling tepat untuk dilakukan adalah dengan posisi miring. Hal ini akan lebih baik ketika kamu tidur miring menghadap ke kiri karena bisa meningkatkan darah dan nutrisi pada plasenta dan bayi yang dikandung.

Pilihan posisi tidur yang tepat ini bisa sangat penting tergantung dengan kondisi kesehatanmu. Oleh karena itu, lakukan hal ini secara seksama untuk mendapatkan manfaatnya.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *