Pulau Pahawang Di Lampung Menjadi Surga Tersembunyi

BERITA LIVE – Pulau pahawang ternayata ialah salah satu surga bagi para petualang. Tidak hanya mengenai hamparan pasir yang putih saja yang menjadikan Pulau Pahawang ini menjadi sangat Indah, tetapi pada Pulau Pahawang ini memiliki Spot bawah laut yang sangat menarik sekali.

Terletak di kawasan yang termasuk dalma garis khatulistiwa, Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang banyak mengundang para petualang. Menjadi salah satu kawasan tropis di dunia menjadikan Indonesia memiliki pesona alam bawah laut yang sangat luar biasa. Sama halnya saat melihat Pulau Pahawang.

Terletak di Lampung, Pulau Pahawang seringkali disebut-sebut sebagai surga petualang tersembunyi, salah satu Spot snorkeling yang indah namun belum banyak di jamah orang. Saat ini, Pulau Pahawang menjadi salah satu destinasi petualang yang paling terkenal di Privonsi Bandar Lampung. Lebih spesifik, pulau ini terletak di Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Kamu bisa mengakses Pulau Pahawang dengan menempuh jarak sekitar 25 kilometer dari pusa Kota Bandar lampung menuju Pelabuhan Ketapang, perjalanan tersebut memiliki 2 jam waktu tempuh. Dari pelabuhan tersebut Kamu bisa melanjutkan lagi perjalanan Kamu menggunakan perahu dengan 40 menit waktu tempuh. Dari pelabuhan Kamu sudah bisa menyaksikan keindahan panorama laut yang diwarnai aktivitas nelayan dan ramainya perahu.

Sami Mutaro yang bekerja sebagai guide Local Dans Pariwisata Bandar Lampung  menuturkan belum ada trayek angkutan umum yang melayan dari pusat kota Bandar Lampung menuju Pelabuhan Ketapang. Sami berharap terciptanya angkutan umum yang menghubungkan antar spot destinasi para petualang ke Spot destinasi lainnya. Dengan menghubungkan antara satu Spot dan lainnya akan memudahkan para petualang untuk menjelajahi Lampung atau Spot destinasi yang ada di sekitarnya. Seperti yang telah di ketahui bahwa keragaman alam dan budaya merupakan salah satu pesona Indonesia yang menjadi daya tarik para petualang asing.

Pulau Pahawang sendiri memiliki dua pulau utama yang menjadi gugusan pulau indah ini, yakni Pulau Pahawang besar dan Pulau Pahawang Kecil. dengan luas mencapai 1.000 hektar, Pulau Pahawang Besar dihuni oleh lebih dari 300 kepala keluarga, yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Seringnya, para petualang menginap di Pulau Pahawang Besar karena banyaknya fasilitas seperti penginapan.

Sedangkan Pulau Pahawang Kecil yang terletak tidak jauh dari Pulau Pahawang Besar memiliki luas sekitar 13 hektar. Namun, Pulau pahawang Kecil di kelola atau dimiliki secara privat oleh warga negara asing yang dikenal dengan panggilan Mr. Joe. Di pulau kecil ini terdapat cottage, akan tetapi tidak semua orang bisa menjelajahi pulau ini. Tentunya membutuhkan perizinan untuk berkunjung ke spot ini.

Meskipun aksesnya sulit menuju Pahawang Kecil, ada beberapa spot yang bisa Kamu kunjungi di sekitar Pulau Pahawang.

  1. Pulau Kelagian Besar

Seringkali dipakai oleh pasukan TNI untuk latihan, pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Dan uniknya lagi, Pulau Kelagian Besar tidak berpenghuni. Bagi Kamu yang ingin mencari suasana tenang, spot ini cocok untuk di jelajahi.

  1. Pulau Kelagian Kecil

Pulau kelagian kecil seringkali dikunjungi bagi para petualang yang menyukai kegiatan snorkeling. Tidak heran apabila banyak sekali jasa agen wisata yang menjadikan spot ini sebagai spot favorit. Dengan luas kurang lebih sebesar 1 hektar, Pulau Kelagian juga menjadi spot favorit para petualang. Menurut masyarakat setempat, Pulau Kelagian Kecil menjadi spot favorit karenasuasana yang lebih alami.

3 Taman Nemo

Terletak tidak jauh dari Pulau Pahawang Besar, terdapat beberapa spot unik yang dikenal dengan julukan”Taman Nemo”. Tidak heran apabila banyak petualang yang datang untuk melakukan snorkeling karena ikan nemo yang menjadi warna panorama alam bawah laut ini merupakan habitatnya.

  1. Tanjung Putus

Tanjung Putusmerupakan jembatan alami yang menyambungkan Pulau Pahawang Kecil dengan Pulau Tanjung Putus. Disebut unik karena jembatan pasir ini hanya muncul apabila laut sedang surut saja. Apabila laut sedang pasang, jembatan ini akan tenggelam kembali. Dengan melintasi jembatan ini, tentunya akan memberikan Kamu sensasi petualang yang unik.

Tidak hanya keindahan saja yang ditawarkan dari gugusan Pulau Pahawang, namun terdapat sejarah yang tersimpan di spot ini. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, sejarah pulau ini dimulai dari datangnya Nakoda tahun 1.700-an yang diikuti pula oleh datangnya Hawang yang merupakan keturunan Cina. Hawang menetap di sebuah pulau sampai memiliki  seorang anak perempuan yang kerap kali dipanggil Pok Hawang. Kelazinman memanggil Pok Hawang akhirnya menjadi nama Pulau dimana Hawang menetap dengan sebutan Pulau Pahawang pada tahun 1850-an. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *