Punya Banyak Utang, Segera Lunasi Dengan 4 Cara Ini

BERITALIVE – ternyata juga bisa membuat Anda ketagihan. Sekali Anda berani meminjam uang pada teman atau kerabat, perilaku tersebut akan berkembang menjadi sebuah kebiasaan.

Bahkan tak jarang ada orang yang hanya sepekan setelah gajian, mulai mencari pinjaman ke sana kemari. Seringkali gaya hidup yang berlebihan juga dapat memicu menumpuknya utang yang semakin sulit untuk dilunasi.

Melansir boldsky.com, Rabu (7/3/2018) melunasi utang yang terlanjur menumpuk pada lebih dari satu sumber tentu bukan pekerjaan mudah. Namun jika tidak begitu, hidup Anda akan terus bergantung pada orang lain dan gaji setiap bulan terasa tak pernah cukup.

  1. Catat total pengeluaran

Catat seluruh pengeluaran bulanan Anda mulai dari yang jumlahnya sangat kecil sekalipun. Dengan begitu, Anda dapat menemukan mana saja pengeluaran yang sekiranya tidak penting.

Ini cara paling efektif untuk berhemat dan menambah tabungan.

  1. Pangkas pengeluaran

Setelah mengetahui seluruh pegeluaran Anda, hentikanlah kebiasaan menghabiskan uang untuk hal yang tak penting. Dengan begitu, Anda dapat mulai menyisihkan sebagian uang untuk secara bertahap melunasi utang yang ada.

  1. Sederhanakan gaya hidup

Di era sekarang, memamerkan gaya hidup lewat media sosial memang tampak telah menjadi tren. Namun jika gaya hidup mewah Anda justru menguras habis isi dompet dan hanya mendorong Anda untuk berutang, lebih baik segera belajar hidup sederhana.

Dengan kehidupan yang biasa, Anda dapat menghemat pengeluaran dan membayar utang Anda satu per satu.

  1. Cari tambahan penghasilan

Jika satu mata pencaharian saja tak cukup melunasi seluruh utang Anda, pastikan Anda segera mendapatkan sumper penghasilan lain. Tentu saja, ini cara paling cepat dan sederhana untuk menghasilkan uang dan mencicil utang Anda.

Setelah lunas, jangan pernah mencoba menumpuk utang kembali.

JM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *