Resep Roti Sobek Keju yang Lembut untuk Menu Sarapanmu

BERITA LIVE – Seperti namanya, roti sobek dinikmati dengan cara disobek. Roti ini tergolong praktis, sehingga cocok untuk mengganjal perut yang sedang kelaparan. Varian rasanya cukup banyak. Salah satu yang favorit yakni rasa keju. Gak selalu harus beli, kamu bisa membuat roti sobek keju sendiri di rumah. Berikut resepnya! AyukTraveling

Bahan biang:

Harga Gandum Membukukan Kenaikan Mingguan - Market Bisnis.com

150 gram tepung terigu
150 ml air hangat
1/4 sdt ragi instan

Bahan utama:

Butter – Aylan Farm

250 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung terigu protein sedang
70 gram gula pasir
70 gram butter
15 gram susu bubuk
8 gram ragi instan
2 butir telur
50 ml susu cair
garam secukupnya

Bahan isian:

10 Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Lho!

30 gram keju cheddar parut
1 sdm susu kental manis vanila

Campur seluruh bahan biang

Resep Roti Sobek Keju yang Lembut untuk Menu Sarapanmu

Siapkan mangkuk besar, lalu masukkan tepung terigu, air hangat, dan ragi ke dalamnya. Aduk semua bahan tersebut dengan whisk sampai menjadi adonan yang kental. Setelah itu, tutup mangkuk dengan plastic wrap atau kain bersih. Diamkan selama kurang lebih sejam di suhu ruangan. Masukkan ke kulkas dan diamkan semalaman.

Tuang susu dan telur ke dalam adonan tepung

Resep Telur Geprek ala Anak Kos, Simple Banget!

Masukkan semua jenis tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan kocokan telur dan susu cair, aduk kembali hingga merata. Selanjutnya, masukkan adonan biang dan uleni hingga kalis. Masukkan pula butter dan sejumput garam, lalu uleni kembali adonan hingga kalis dan elastis. Kemudian, bulatkan adonan dan diamkan hingga mengembang.

Isi adonan roti dengan keju secukupnya

Makan Keju Cheddar Bisa Bantu Anda Hidup Lebih Lama : Okezone Lifestyle

Jika adonan sudah mengembang sempurna, keluarkan dan kempiskan. Bagi adonan menjadi 15 bagian sama besar. Biar seimbang, kamu bisa membaginya dengan cara ditimbang terlebih dahulu. Setelah itu, isi tiap bulatan adonan dengan keju parut yang sudah dicampur dengan susu kental manis secukupnya. Tutup dan lakukan sampai adonannya habis.

Panggang roti sobek hingga matang

Resep Roti Sobek Teflon Seratnya Lembut - Lifestyle Fimela.com

Susun tiap adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dengan memberikan jarak. Diamkan kembali adonan selama 15 menit hingga mengembang. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Panggang adonan di dalam oven selama 15 menit dengan suhu 190 derajat Celsius. Jika sudah matang dan mengembang, segera keluarkan. Roti sobek keju siap disajikan!

Maka itulah resep dan cara mudah untuk membuat roti sobek keju yang sangat lembut. Selain enak untuk dijadikan sebagai menu sarapan, roti sobek keju juga cocok untuk menjadi teman santai.

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *