Resep Tahok khas Tionghoa

Resep Tahok khas Tionghoa

Berita Live – Tahok merupakan makanan tradisional yang terbuat dari sari kedelai yang dibuat lebih kental dan disiram menggunakan kuah jahe, sekilas makanan ini menyerupai bubur sumsum yang disiram dengan gula jawa. Tahok sendiri merupakan makanan tradisional dari Cina yang di kembangkan oleh masyarakat Tionghoa yang tinggal di daerah Solo.

Di musim penghujan seperti ini, memang nikmat jika dapat menyantap tahok dengan kuah jahe yang membuat tubuh menjadi lebih hangat dan terhindar dari masuk angin. Tertarik untuk mencobanya? Berikut ini bahan dan cara untuk membuat tahok khas Tinghoa.

Bahan:

1/2 ltr susu kedelai

1 bungkus agar-agar putih

Gula secukupnya

Bahan Kuah Jahe:

250 gr gula merah

250 ml air

4 ruas jahe, bakar dan memarkan

2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

Tuangkan susu kedelai, agar-agar instan, dan gula ke dalam panci, lalu aduk hingga larut. Rebus dengan menggunakan api kecil sambil terus di aduk.

Jika sudah mulai mendidih, matikan kompor, tuangkan tahok ke dalam wadah. Dinginkan dengan suhu ruangan, setelah itu dapat menyimpannya di lemari pendingin.

Untuk membuat kuah jahenya cukup mudah sekali, campurkan semua bahan kuah jahe ke dalam panci, aduk aduk. Masak menggunakan api sedang.

Jika sudah mendidih angkat lalu matikan kompor.

Keluarkan tahok dari dalam lemari pendingin, ambilah menggunakan sendok, letakkan tahok ke dalam mangkuk, lalu siram dengan kuah jahe manis.

Tahok siap di hidangkan

Selamat Mencoba!

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *